Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Joe Biden Singgung Nasib Muslim Uighur, Xi Jinping Langsung Beri Peringatan Tegas

Kamis, 11 Februari 2021 – 18:46 WIB
Joe Biden Singgung Nasib Muslim Uighur, Xi Jinping Langsung Beri Peringatan Tegas - JPNN.COM
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Presiden Amerika Serikat Joe Biden terang-terangan mengkritik kebijakan China terkait Hong Kong, Taiwan dan muslim Uighur di Xinjiang, ketika melakukan pembicaraan perdananya dengan Presiden Xi Jinping melalui sambungan telepon, Kamis (11/2).

Xi tentu saja tidak berdiam diri menerima dengan pasrah serangan-serangan Biden tersebut. Dia memperingatkan presiden anyar itu bahwa persoalan Hong Kong, Taiwan dan Xinjiang merupakan urusan dalam negeri China yang tidak boleh dicampuri pihak lain.  

Ia juga menekankan bahwa dalam menghadapi situasi global yang tidak pasti ini, China dan AS memikul tanggung jawab bersama sebagai anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kedua belah pihak, lanjut pucuk pimpinan Partai Komunis China (CPC) itu, harus bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik dan mendukung perdamaian dunia.

Xi menggarisbawahi bahwa restorasi dan peningkatan hubungan China-AS menjadi sangat penting dalam pembangunan internasional selama lebih dari setengah abad.

Meskipun penuh liku, Xi menambahkan bahwa hubungan kedua negara harus tetap ditingkatkan guna memberikan manfaat yang lebih besar bagi kedua negara dan berkontribusi di dunia global.

Xi menekankan bahwa China dan AS justru mendapatkan manfaat melalui kerja sama dan mengalami kerugian dengan berkonfrontasi.

Hanya kerja sama menjadi pilihan terbaik bagi kedua negara, demikian Xi sebagaimana rilis yang diterima ANTARA Beijing.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengungkit isu diskriminasi terhadap muslim Uighur dalam pembicaraan perdana dengan Presiden China Xi Jinping

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close