Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Minta Jokowi Jangan Sampai Pilih Anak Macan yang akan Menerkam PDIP di Pilpres 2024

Sabtu, 04 Juli 2020 – 14:00 WIB
Pengamat Minta Jokowi Jangan Sampai Pilih Anak Macan yang akan Menerkam PDIP di Pilpres 2024 - JPNN.COM
Pakar hukum dan politik dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta Saiful Anam. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar hukum dan politik dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta Saiful Anam mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi kemungkinnan akan melakukan perombakan kabinet alias reshuffle dalam waktu dekat.

Keyakinan itu, kata Saiful Anam, selepas Presiden Jokowi meluapkan amarahnya saat pidato di hadapan menterinya pada 18 Juni lalu.

“Saya yakin, Jokowi akan melakukan reshuffle secepatnya. Hal itu tidak dapat dipungkiri,” kata Saiful kepada wartawan, Sabtu (4/7/2020).

Menurut Saiful, ada beberapa menteri yang layak dicopot dari jabatannya. Di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop, dan UKM) Teten Masduki, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara.

Ada lagi, lanjut Saiful, kemungkinan menteri yang akan di reshuffle atau digeser antara lain  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Menkumham Yasonna Laoly, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Mendikbud Nadiem Makarim, Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio dan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

“Saya mendapatkan kabar dari orang di Istana ada beberapa orang yang akan diganti dan digeser dari pos menteri sebelumnya. Orang yang tidak bisa mau disebut namanya itu bilang ada beberapa orang baru yang akan menduduki kursi menteri. Salah satunya adalah Ketua umum Relawan Jokowi atau ReJO HM Darmizal,” ujar Saiful.

Menurut Saiful, Darmizal berasal dari kalangan masyarakat paling bawah yang pandai bergaul dan sarat pengalaman. Jadi, sangat pantas untuk menduduki kursi menteri Sosial ataupun menteri UMKM.

"Dia ulet, terampil dan mapan. Jadi, saya yakin Darmizal tidak akan silau oleh uang negara".

Menurut Saiful, jangan sampai reshuffle menteri justru diisi anak macan yang siap-siap menggigit dan menjadi lawan berat PDIP pada pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close