Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Resmikan Bandara APT Pranoto dan Maratua di Kaltim

Kamis, 25 Oktober 2018 – 17:20 WIB
Jokowi Resmikan Bandara APT Pranoto dan Maratua di Kaltim - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua bandata di Kalimantan Timur, yakni Bandara APT Pranoto, Samarinda, dan Bandara Maratua, Berau, Kamis (25/10). Foto: Folly Akbar/Jawa Pos

jpnn.com, SAMARINDA - Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (25/10).

Bandara yang dibangun atas inisiasi daerah ini secara khusus dipuji Kepala Negara, dan akan dijadikan percontohan bagi daerah lainnya.

"Saya sangat menghargai inisiatif pembangunan Bandara APT Pranoto ini yang diinisiasi daerah. Pemerintah pusat hanya mendorong sedikit anggarannya. Ini akan saya pakai untuk contoh agar provinsi dan daerah lain mencontoh apa yang sudah dikerjakan provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi saat peresmian bandara tersebut.

Meski demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu memandang bahwa bandara ini memiliki potensi besar bagi masa depan perekonomian Kaltim. Apalagi mobilitas orang dan barang dari dan menuju bandara tersebut diperkirakan akan semakin meningkat ke depannya.

Maka dari itu, saat peresmian berlangsung, Jokowi memberikan instruksi bagi Menteri Perhubungan untuk terus memantau kepadatan bandara tersebut. Apabila diperlukan, lakukan perluasan terminal hingga mencapai tiga kali lipat dari kapasitasnya saat ini.

"Sekarang terminalnya 12 ribu meter persegi. Saya minta maksimal dalam tiga tahun ke depan kalau kapasitasnya sudah tidak muat bisa diloncatkan ke 36 ribu meter persegi," ucapnya.

Presiden juga memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk segera menyiapkan penerbangan menuju Jakarta atau Surabaya dari bandara tersebut.

"Ini perintah lagi. Berarti sudah dua perintah. Saya mengerti ini ditunggu masyarakat di Samarinda," tukasnya.

Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (25/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close