Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Tak Ingin Warga Pesantren Pinjam Duit ke Rentenir

Senin, 30 Desember 2019 – 22:14 WIB
Jokowi Tak Ingin Warga Pesantren Pinjam Duit ke Rentenir - JPNN.COM
Presiden Jokowi di sela-sela peresmian 2 unit BWM di Kendal, Senin (30/12). Foto BPMI Setpres

jpnn.com, KENDAL - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua Bank Wakaf Mikro (BWM) sekaligus di Kabupaten Kendal dalam kunjungan kerjanya ke Jawa Tengah, Senin (30/12).

Kedua BWM tersebut akan menyalurkan pembiayaan kepada masyarakat di sekitar lingkungan pondok pesantren Salaf Apik Kaliwungu dan pondok pesantren Al-Fadllu.

Peresmian dua BWM terbaru tersebut menambah daftar bank serupa yang telah dibuka oleh pemerintah hingga menjadi sebanyak 56 BWM.

Jokowi mengatakan bahwa pendirian sejumlah BWM tersebut bertujuan untuk mengembangkan ekonomi umat dengan cara memperluas penyediaan akses keuangan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil yang belum dapat menjangkau fasilitas perbankan.

"Pemerintah ingin agar dari pondok pesantren dan lingkungan pondok pesantren apabila ada keinginan-keinginan untuk membesarkan usahanya, di situ ada banknya, yaitu Bank Wakaf Mikro. Jangan sampai pinjamnya ke rentenir," kata Presiden di Ponpes Salaf Apik Kaliwungu, di Desa Krajankulon, Kendal.

BWM ini secara khusus menyasar para santri maupun masyarakat yang berada di sekitar lingkungan pondok pesantren untuk dapat memulai atau mengembangkan usaha kecilnya. Pemerintah berencana untuk mendirikan lebih banyak lagi BWM di pondok-pondok pesantren yang ada di seluruh Indonesia.

"Tadi Pak Ketua OJK sudah menyampaikan, sudah disiapkan kurang lebih 50 Bank Wakaf Mikro yang akan dibuka lagi. Ini patut kita syukuri," tukas mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Sejak diluncurkan pada Oktober 2017 hingga saat ini, BWM sudah menyalurkan pembiayaan kepada kurang lebih 25 ribu orang nasabah yang tersebar di 18 provinsi dengan jumlah pembiayaan mencapai Rp33,9 miliar.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua Bank Wakaf Mikro (BWM) sekaligus di Kabupaten Kendal dalam kunjungan kerjanya ke Jawa Tengah, Senin (30/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close