Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Targetkan pada 2024, Kendaraan Tanpa Awak Terealisasi di Ibu Kota Baru

Rabu, 15 Januari 2020 – 23:55 WIB
Jokowi Targetkan pada 2024, Kendaraan Tanpa Awak Terealisasi di Ibu Kota Baru - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Papua Lukas Enembe saat meninjau Pelabuhan Nabire, Kamis (21/12). Foto: Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi berniat menghadirkan kendaraan tanpa awak (autonomous transport) di ibu kota negara (IKN) baru.

"Jadi 'autonomous car' sebagai satu hasil masa depan. Yang terpenting saat ini ialah membuat 'road map' apa yang harus dibuat dahulu," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi, di istana kepresidenan Jakarta, Rabu (15/1).

Langkah awal, kata Budi, lembaganya akan membuat 'exercise' di beberapa tempat. Misalnya di Puncak (Jawa Barat) atau di Bali.

Kemudian, berkoordinasi dengan kementerian terkait dalam menciptakan ekosistemnya, agar populasi dan nilai keekonomiannya terbentuk.

"Jadi pada saat kita buat itu (kendaraan tanpa awak) di ibu kota baru, itu sudah dengan populasi yang bagus," tambahnya.

Lanjut Budi Karya, sejak awal pemerintah akan menggandeng pihak swasta dengan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Mengenai 'autonomous' kami tidak mungkin langsung MRT (mass rapid transport), pertama kali menggunakan bus yang 'connectivity' antara Balikpapan ke sana (ibu kota baru), kedua 'train', tetapi tetap harus mempersiapkan yang namanya MRT, jadi fleksibilitas tetap ada," ungkap Budi lagi.

Menurut Budi Karya, target kendaraan tanpa awak itu diharapkan dapat dihadirkan pada 2024.

Presiden Jokowi berniat menghadirkan kendaraan tanpa awak (autonomous transport) di ibu kota negara (IKN) baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close