Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

JPN Siap Tindaklanjuti Kasus Iken

Gugat secara Perdata untuk Pulihkan Kerugian Negara

Minggu, 16 Mei 2010 – 06:35 WIB
JPN Siap Tindaklanjuti Kasus Iken - JPNN.COM
JAKARTA -- Iken Basya Rinanda Nasution, tersangka dugaan korupsi dalam pengadaan sapi impor Departemen Sosial (sekarang Kemensos) pada 2004 yang meninggal Kamis sore lalu (14/5), bisa jadi mewariskan perkara kepada keluarganya. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempertimbangkan untuk mengajukan gugatan perdata dalam rangka mengembalikan kerugian negara.

Menurut Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (JAM Datun) Edwin Pamimpin Situmorang, jaksa pengacara negara (JPN) siap menindaklanjuti apabila nanti KPK menyerahkan gugatan tersebut. Sesuai Pasal 33 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, gugatan perdata akan dilakukan oleh JPN.

Edwin menjelaskan, gugatan bisa dilakukan jika pada proses penyidikan tersebut, ditemukan kerugian negara. "Gugatan perdata (diajukan) dalam rangka memulihkan kerugian negara," ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (15/5).

Iken menjadi tersangka kasus dugaan korupsi sapi impor bersama mantan Mensos Bachtiar Chamsyah. Putra sulung pengacara Adnan Buyung Nasution itu meninggal di RS Pondok Indah, Jakarta, akibat serangan jantung. Dalam pengadaan itu, Depsos memakai mekanisme penunjukan langsung dengan menggandeng PT Armadhira Karya. Di perusahaan itu, Iken menjabat sebagai komisaris.

JAKARTA -- Iken Basya Rinanda Nasution, tersangka dugaan korupsi dalam pengadaan sapi impor Departemen Sosial (sekarang Kemensos) pada 2004 yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close