Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jubir Paslon RIDO Yakin Dana Ratusan Juta untuk Tiap RW Bakal Efektif, Simak Alasannya

Rabu, 11 September 2024 – 10:46 WIB
Jubir Paslon RIDO Yakin Dana Ratusan Juta untuk Tiap RW Bakal Efektif, Simak Alasannya - JPNN.COM
Ridwan Kamil atau RK bicara soal program untuk Jakarta. Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru bicara pasangan Cagub dan Cawagub Jakarta Ridwan Kamil-Suswono Fahlino Sjuib mengatakan program anggaran Rp 100 juta - Rp 200 juta untuk Rukun Warga (RW) di Jakarta bisa dieksekusi secara efektif karena ada kontrol sosial masyarakat terhadap

Kandidat paslon yang berakronim RIDO tersebut sebelumnya berjanji akan memberikan anggaran bagi RW apabila kandidat yang diusung 15 partai itu terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur.

Fahlino menyebut program pemberian uang bagi RW diharapkan bisa memberikan dampak yang besar buat rakyat, satu di antaranya dalam meningkatkan kesejahteraan warga.

"Penyaluran dana langsung ke masyarakat ini sebagai bentuk kepercayaan bahwa masyarakat di tingkat lokal dapat menentukan sendiri prioritas kebutuhannya dan dapat menyelesaikan sendiri kebutuhannya, karena masyarakat yang paling memahami apa yang dibutuhkan daerahnya," kata dia kepada awak media seperti dikutip Rabu (11/9).

Fahlino mengatakan inti dari program pemberian uang ke RW ialah pemberdayaan dan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan.

Dari situ, kata dia, bakal hadir kontrol sosial terkait penggunaan dana, selain juga nantinya ada pengawasan dari pihak yang berwenang dan kompeten.

"Program ini memiliki multiplier effect yang sangat positif bagi kehidupan warga. Kerukunan warga dapat menguat karena setiap warga dituntut berpartisipasi aktif dalam memanfaatkan dana untuk membiayai program pembangunan yang telah disepakati. Kesejahteraan warga juga bisa meningkat," kata dia.

Namun, kata Fahlino, mekanisme operasional anggaran ke RW tak akan diratakan dan bakal dilihat kebutuhan setiap wilayah.

Program Paslon RIDO yang memberikan anggaran Rp 100 juta - Rp 200 juta untuk RW di Jakarta bisa dieksekusi secara efektif karena ada kontrol sosial massyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA