Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jutaan TKI Tak Berdokumen di Malaysia Makin Kesulitan Saat Pandemi Corona

Kamis, 16 Juli 2020 – 20:03 WIB
Jutaan TKI Tak Berdokumen di Malaysia Makin Kesulitan Saat Pandemi Corona - JPNN.COM
Kehidupan warga Indonesia yang tidak memiliki dokumen sah di Malaysia (Foto: Supplied)

Banyak dari jutaan tenaga kerja asal Indonesia yang tidak berdokumen di Malaysia menghadapi kesulitan di tengah pandemi COVID-19, sementara Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur dianggap tidak memberikan bantuan maksimal untuk membantu mereka.

Pernyataan tersebut dikatakan oleh Migrant Care, sebuah LSM yang bergerak dalam masalah perlindungan pekerja migran Indonesia.

Dalam percakapan dengan wartawan ABC Indonesia Sastra Wijaya, Rabu kemarin (15/07), Alex Ong, Perwakilan Migrant Care di Malaysia mengatakan perekonomian di Malaysia masih sulit, meski sekarang pembatasan pergerakan orang di Malaysia sudah dicabut menyusul situasi COVID-19 yang terkendali.

"Banyak pekerja migran yang masih tidak bisa bekerja. Anak-anak, mereka yang sakit dan lansia adalah yang paling rentan," kata Alex.

Jutaan TKI Tak Berdokumen di Malaysia Makin Kesulitan Saat Pandemi Corona Photo: Suasana antrian warga Indonesia yang datang mengurus dokumen di KBRI di Kuala Lumpur semasa pandemi COVID-19 (Foto: KBRI Malaysia)

 

"KBRI tidak begitu responsive [tanggap] terhadap kesusahan para warga Indonesia yang sedang menghadapi krisis," tambahnya.

Tidak diketahui persis berapa jumlah pekerja migran Indonesia yang tidak memiliki dokumen di Malaysia.

Namun angka yang disepakati baik oleh Migrant Care dan juga KBRI Kuala Lumpir ada sekitar 2,5 juta-3 juta orang, sementara pekerja migran resmi sekitar 1,2 juta orang.

Banyak dari jutaan tenaga kerja asal Indonesia yang tidak berdokumen di Malaysia menghadapi kesulitan di tengah pandemi COVID-19, sementara Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur dianggap tidak memberikan bantuan maksimal untuk membantu mereka

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close