Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kabar Baik dari Menparekraf untuk Para Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Jumat, 20 Agustus 2021 – 15:25 WIB
Kabar Baik dari Menparekraf untuk Para Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif - JPNN.COM
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: ANTARA/HO-Kemenparekraf/pri.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan kabar baik bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Kabar baik itu terkait percepatan penyaluran dana Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) dan dana hibah bagi sektor parekraf yang terdampak pandemi Covid-19.

Penyaluran dana BIP dijadwalkan akan dimulai pada akhir Agustus 2021 atau September 2021.

"Bantuan Insentif Pemerintah sudah masuk ke dalam tahap kurasi final dan kita harapkan akhir Agustus atau September 2021 awal sudah cair dengan koordinasi pihak penerima," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Kamis (19/8/2021).

Sandiaga menjelaskan, setelah rancangan tersebut direview oleh Kementerian Keuangan dan Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN), dana hibah yang tahun lalu diberikan kini dalam proses transformasi menjadi Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata.

Dia berharap penyaluran bantuan tersebut dapat segera terealisasi sebab para pelaku usaha MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) kini dalam keadaan terpuruk. Bantuan yang diberikan pun diyakini dapat mempertahankan bisnis sekaligus mencegah adanya pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Nah ini juga sedang penyiapan dan kita harapkan kuartal ketiga ini siap, sehingga bisa diberikan segera. Karena ini sudah dalam keadaan yang berat sekali untuk temen-temen yang bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga.

Sejalan dengan terkendalinya kasus Covid-19, lanjutnya, kegiatan masyarakat akan kembali dilonggarkan dengan mengacu protokol kesehatan yang ketat dan disiplin berbasis CHSE, yaitu Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability.

Oleh karena itu, kata Sandiaga, pihaknya akan mempertebal koordinasi dengan para pelaku parekraf serta memperbanyak kegiatan-kegiatan yang memberikan stimulus ekonomi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan kabar baik bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Kabar baik itu terkait percepatan penyaluran dana Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) dan dana hibah bagi sektor parekraf

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close