Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kalah Bersaing dalam Digitalisasi, 126 Kantor Bank di Sumsel Tutup

Kamis, 14 Desember 2023 – 18:09 WIB
Kalah Bersaing dalam Digitalisasi, 126 Kantor Bank di Sumsel Tutup - JPNN.COM
Kepala OJK Perwakilan Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Untung Nugroho (pakai baju batik). Foto: Cuci Hati/JPNN.

jpnn.com, PALEMBANG - Kehadiran perkembangan digitalisasi sistem perbankan membuat sejumlah kantor Bank yang ada di Sumatra Selatan (Sumsel) terpaksa tutup.

Berdasarkan data dari Kantor OJK Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, dalam kurun waktu dua tahun terakhir, setidaknya ada 126 kantor di Sumsel tutup.

Kepala OJK Perwakilan Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Untung Nugroho mengungkapkan bahwa di Sumsel ada sekitar 1.506 kantor bank, dengan ragam fungsi dan statusnya, mulai dari kantor utama, kantor pembantu, kantor kas, sampai pada unit yang ada di kecamatan.

Selain itu, di Sumsel juga terdapat 26 perusahaan perbankan dan 8 institusi keuangan non bank (IKNB).

"126 bank yang ditutup itu merupakan kantor cabang dan kantor pembantu yang ada di Sumsel," ungkap Untung, Kamis (14/12).

Menurut Untung, persaingan kantor bank ke depan akan makin berat, karena produk perbankan.

"Seperti halnya fungsi penyaluran pembiayaan dan kredit, sudah bisa dilakukan dengan kemudahan digital yang dikembangkan oleh perbankan,” ujar Untung.

Hal itu juga diperkuat dengan kekinian masyarakat terutama di Provinsi Sumsel yang sudah dengan sangat mudah mengakses kebutuhan perbankan melalui smartphone.

Kehadiran perkembangan digitalisasi sistem perbankan membuat 126 kantor bank yang ada di Sumsel terpaksa ditutup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close