Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kalau Maju Jujur, Peluang Anies Sangat Kecil di Pilpres 2024

Jumat, 03 Januari 2020 – 16:30 WIB
Kalau Maju Jujur, Peluang Anies Sangat Kecil di Pilpres 2024 - JPNN.COM
Gubernur DKI Anies Baswedan memantau Pintu Air Manggarai di Jakarta Selatan, Rabu (1/1) malam. Foto: Antara/ Livia Kristianti

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Ari Junaedi memprediksi pendukung Anies Baswedan masih merasa di atas angin.

Mereka diprediksi meyakini mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) itu bakal mampu berjaya di Pilpres 2019 lalu.

Pasalnya, politik identitas yang dikembangkan di Pilkada 2017 lalu mampu menumbangkan petahana Basuki Tjahaja Purnama yang sebelumnya unggul di putaran pertama.

"Jadi, selama Anies masih mengedepankan politik identitas dan SARA sebagai strategi politiknya, maka kubu Anies masih merasa di atas angin untuk Pilpres 2024," ujar Ari kepada jpnn.com, Jumat (3/1).

Meski pendukungnya memiliki keyakinan, fakta yang berkembang, kata Ari, tetap menjadi faktor penentu. Misalnya, banjir diketahui menerjang Jakarta di awal tahun 2020, tentu memengaruhi opini masyarakat luas.

"Kalau publik mau objektif dengan persoalan banjir atau persoalan mis manajemen di Pemda DKI, saya rasa peluang Anies sangat kecil," ucapnya.

Pembimbing program doktoral di pascasarjana Universitas Padjajaran ini juga memaparkan fakta lain, mengapa memprediksi peluang Anies kecil melaju di Pilpres 2024.

"Saya kira masih banyak sosok-sosok pemimpin daerah yang jauh lebih kredibel dibanding Anies," katanya.

Para pendukung Anies Baswedan meyakini gubernur DKI Jakarta itu bakal mampu berjaya di Pilpres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close