Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kang HW Siap Tancapkan Merah Putih di Kutub Selatan

Senin, 20 Maret 2017 – 02:05 WIB
Kang HW Siap Tancapkan Merah Putih di Kutub Selatan - JPNN.COM
ILUSTRASI. Gunung. FOTO: Radar Jogya/JPNN.com

jpnn.com, MATARAM - Seorang petualang Hendra Wijaya merilis penjelajahan dan ekspedisi panjangnya bertajuk “Southern Force Hendra Wijaya’s Adventure & Expeditions 2017-2018” di Pusuk Pass, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pria kelahiran Lampung 26 November 1966 itu hadir di Mataram bertepatan dengan press conference Rinjani 100, sebuah perlombaan yang didirikannya.

Southern Force adalah sebuah petualangan dan ekspedisi sejauh 1400 km di Antartika dengan berjalan kaki menggunakan papan ski. Setiap peserta diwajibkan membawa perlengkapan dan makanan pribadi yang beratnya minimal 100 kg. Beban ratusan kilo itu ditaruh di atas sledge (semacam kano kecil yang dipasang di atas papan ski dan penggunaannya dengan cara ditarik).

Logistik itulah yang diandalkan Hendra untuk survive selama perjalanan menantang maut selama sekitar 45-50 hari itu. Disebut menantang maut karena suhu di Kutub Selatan bisa mencapai -60 derajat celcius di musim dingin atau lebih dingin dibanding Kutub Utara yang sudah pernah dijelajahi oleh pria yang karib disapa Kang HW ini.

Kutub Selatan juga berbeda dengan Kutub Utara. Kutub Selatan adalah satu-satunya tempat di bumi yang tidak dimiliki oleh siapapun atau negara manapun dan juga tidak memiliki sejarah di huni penduduk asli. Kutub Selatan hanya boleh digunakan untuk tujuan perdamaian dan ilmiah.

Bandingkan dengan Kutub Utara yang mempunyai penduduk karena ada beberapa kota kecil maupun kota besar disana seperti Barrow (Alaska, AS), Tromso (Norwegia) serta Muramansk dan Salekhaard (Rusia).

”Saya akan menancapkan merah putih di tugu atau di Magnetik South Poles, sebagai tanda jika orang Indonesia sudah ada yang ekspedisi berjalan kaki melintasi ke sana. Tradisinya tugu yang sudah ditancap oleh bendera sebuah bangsa tidak akan diganti dengan bendera negara lain,” kata Kang HW.

Southern Force menjadi klimaks dari perjalanan panjang Kang HW di tahun 2017-2018 ini. Total, termasuk Southern Force, ada 10 even yang akan diikuti oleh peraih gelar S1 di IPB yang kini tinggal di Bogor dan mempunyai usaha di bidang industri garmen itu.

Seorang petualang Hendra Wijaya merilis penjelajahan dan ekspedisi panjangnya bertajuk “Southern Force Hendra Wijaya’s Adventure &

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close