Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kapan Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK Dibuka? Simak Penjelasan Panselnas

Selasa, 15 Juni 2021 – 12:33 WIB
Kapan Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK Dibuka? Simak Penjelasan Panselnas - JPNN.COM
Ilustrasi tahapan pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK 2021. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah menerbitkan tiga peraturan terkait penyelenggaraan seleksi CASN 2021.

Aturan tersebut yakni Peraturan Menteri PAN-RB (PermenPAN-RB) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan PNS, PermenPAN-RB Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah tahun 2021, serta PermenPAN-RB Nomor 29 Tahun 2021 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional (JF).

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Asdep Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur KemenPAN-RB Katmoko Ari Sambodo, mengacu data per 13 Juni 2021 telah ditetapkan kebutuhan CASN sebanyak 707.622.

"Formasi paling besar diperuntukkan bagi PPPK guru sejumlah 531.076. Kemudian, PPPK nonguru 20.960 dan CPNS sebanyak 80.961," kata Katmoko di Jakarta, Senin (14/6).

Dia menjelaskan pengumuman pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK JF akan dilakukan oleh Panselnas dengan mempertimbangkan kesiapan secara teknis dari tim pelaksana di Badan Kepegawaian Negara (BKN) serta panitia seleksi instansi masing-masing.

Sementara untuk pelaksanaan seleksi PPPK guru pada instansi daerah akan dikoordinir oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Walaupun pelaksanaan PPPK guru dikoordinir Kemendikbudristek, tetapi akan diawasi Panselnas," ucap Katmoko yang juga masuk tim Panselnas.

Menurut Katmoko, rekrutmen CPNS terdiri dari tiga tahapan seleksi, yaitu administrasi, kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS. Untuk SKD dan SKB menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Pengumuman pendaftaran CPNS dan seleksi PPPK 2021 akan diumumkan Panselnas bila BKN dan instansi masing-masing sudah siap secara teknis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close