Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kebijakan Moneter Kian Longgar

Kamis, 05 Maret 2009 – 06:20 WIB
Kebijakan Moneter Kian Longgar - JPNN.COM
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) semakin agresif melonggarkan kebijakan moneter. Selama tiga bulan berturut-turut, bank sentral telah menurunkan BI rate 0,5 persen atau 50 basis poin (bps). Dalam rapat dewan gubernur BI kemarin, suku bunga acuan itu dikoreksi dari 8,25 persen menjadi 7,75 persen.

Gubernur BI Boediono mengatakan, penurunan BI rate tersebut telah mempertimbangkan penyesuaian terbaik saat ini. Dia berharap perbankan segera menurunkan suku bunga.

''Itu memerlukan waktu karena ada lag. Tapi, tentunya, kita harus memberikan penjelasan kepada perbankan,'' kata Boediono di Jakarta kemarin (4/3). Dia menambahkan, saat ini bank sentral telah berkomunikasi dengan perbankan, khususnya bank besar, untuk mendorong penurunan suku bunga.

Dalam keterangan resminya, BI menilai kondisi perbankan nasional sampai saat ini cukup stabil. Itu tecermin dari perkembangan berbagai indikator keuangan dan kesehatan bank. Kondisi likuiditas perbankan, termasuk aliran likuiditas dalam pasar uang antarbank, mulai membaik dibanding beberapa bulan lalu.

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) semakin agresif melonggarkan kebijakan moneter. Selama tiga bulan berturut-turut, bank sentral telah menurunkan BI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA