Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kejagung Diminta Terbuka, Adil dan Transparan Terkait Perkembangan Kasus Impor Gula

Kamis, 07 Maret 2024 – 16:55 WIB
Kejagung Diminta Terbuka, Adil dan Transparan Terkait Perkembangan Kasus Impor Gula - JPNN.COM
Ahli Hukum Pidana dari UI Ganjar Laksamana mendesak Kejagung transparan terkait pengusutan kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait penyalahgunaan wewenang oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam impor gula mentah selama periode 2005 hingga 2023. Ilustrasi impor/Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Ahli Hukum Pidana dari Universitas Indonesia (UI) Ganjar Laksamana menekankan pentingnya Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk adil, terbuka dan transparan dalam proses pemeriksaan setiap kasus yang ditangani.

Termasuk kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait penyalahgunaan wewenang oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam impor gula mentah selama periode 2005 hingga 2023.

Dalam keterangan resminya hari ini, Ganjar menyatakan bahwa penting bagi masyarakat untuk mengetahui bahwa ada kasus dugaan tindak pidana korupsi yang sedang diselidiki.

Menurutnya, transparansi tersebut merupakan kewajiban yang diatur dalam undang-undang, yang juga menekankan peran aktif masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi.

Sementara itu, terkait dugaan keterlibatan perusahaan swasta dalam kasus tersebut, Ganjar menggarisbawahi bahwa dalam ranah hukum pidana, terdapat landasan penghapusan pidana karena perintah jabatan.

Namun, Ganjar menekankan bahwa penyidik perlu mendalami motif di balik penunjukkan tersebut, termasuk pemberian kuota, serta apakah ada indikasi penyalahgunaan wewenang atau penyimpangan dalam proses tersebut.

Pakar Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Yenti Garnasih berharap Kejaksaan Agung bisa secepatnya menuntaskan kasus ini mengingat peristiwanya terjadi selama periode 2015 sampai 2023.

Menurut Yenti, agar kasus ini dapat diungkap, Menteri Perdagangan seharusnya dapat dimintai keterangannya.

Ganjar Laksamana mendesak Kejagung transparan terkait pengusutan kasus dugaan korupsi penyalahgunaan wewenang oleh Kemendag dalam impor gula pada 2005-2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close