Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kelompok Anti-Pancasila Terus Berisik, Jago PDIP Bakal Dibekali Geopolitik

Selasa, 21 Juli 2020 – 21:02 WIB
Kelompok Anti-Pancasila Terus Berisik, Jago PDIP Bakal Dibekali Geopolitik - JPNN.COM
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan bakal mewajibkan jago-jagonya di Pilkada Serentak 2020 termasuk Gibran Rakabuming Raka memahami Pancasila dan geopolitik.

Untuk itu, parpol pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut akan menatar para jagonya di Pilkada 2020 melalui sekolah partai.

“Pembumian Pancasila tidak hanya ke dalam. Diperlukan cara pandang keluar, outward looking tentang Indonesia bagi dunia. Itulah yang digelorakan oleh PDI Perjuangan dalam proses kaderisasi kepemimpinan," ujar Hasto di Jakarta, Selasa (21/7).

Hasto menambahkan, Indonesia secara geopolitik merupakan titik temu peradaban dunia karena terletak di antara dua benua dan dua samudera. Sejak Indonesia merdeka, sambungnya, telah lahir pemikiran tentang upaya membangun persaudaraan dunia.

"Di situlah Pancasila hadir sebagai ideologi dunia karena berbeda dengan marxisme-komunisme dan kapitalisme-liberalisme saat itu," kata Hasto.

Sejak awal, katanya, Pancasila sudah berbeda dari kedua ideologi tersebut. Hasto menegaskan, marxisme-komunisme dan kapitalisme-liberalisme mengandung benih-benih imperialisme kolonialisme, sedangkan Pancasila justru bertujuan membangun persaudaraan dunia.

"Hal yang sama juga berlaku untuk globalisasi yang mendorong fundamentalisme pasar, dan fundamentalisme agama, sebagai ideologi transnasional yang tidak sesuai dengan Pancasila," kata Hasto.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, belakangan ini ada kelompok kecil yang menentang Pancasila. Menurutnya, kelompok kecil yang gencar di medsos itu tak terlepas dari geopolitik.

Hasto mengatakan, ada kelompok kecil anti-Pancasila yang selalu ribut di medsos.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close