Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keluar Malam Bisa Menurunkan Daya Tahan Tubuh?

Sabtu, 17 Agustus 2019 – 22:07 WIB
Keluar Malam Bisa Menurunkan Daya Tahan Tubuh? - JPNN.COM
Ilustrasi sakit kepala. Foto: Pixabay

jpnn.com - Tuntutan pekerjaan atau memang gaya hidup sering membuat Anda harus sering keluar malam untuk meeting atau hang out dengan teman-teman. Untuk itu Anda perlu tahu cara mencegah masuk angin meski Anda sering keluar malam. Karena kondisi tubuh yang drop akibat masuk angin bisa mengganggu semua aktivitas Anda. 

Lalu bagaimana sih cara mencegah masuk angin meski sering keluar malam?

Masuk angin itu merupakan gejala
Namun pertama-tama, perlu Anda ketahui bahwa masuk angin tidak dikenal dalam dunia medis. Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc(Hons), keluhan khas masyarakat Indonesia ini sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal.

“Infeksi virus, kondisi tubuh yang berolahraga secara berlebihan, atau sindrom dispepsia atau gangguan pencernaan adalah beberapa di antaranya,” kata dr. Jesslyn.

Penjelasan medis paling mendekati untuk masuk angin kemungkinan adalah sekumpulan flu-like symptoms atau gejala serupa flu. Ini sering kali dirasakan sebagai gejala awal dari infeksi virus (biasanya common cold). Kondisi medis lainnya yang cukup menyerupai masuk angin adalah gangguan pencernaan seperti dispepsia.

“Tidak semua orang punya pengertian yang sama tentang masuk angin. Ada yang menggambarkan masuk angin jika merasa perut kembung, mual, sering serdawa, hingga sebabkan muntah,” ungkap dr. Alberta. Jika memang itu yang dirasakan, dispepsia atau mag bisa jadi penyebabnya.

Ditambahkan oleh dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, bahwa apa yang disebut masuk angin ini juga disebabkan oleh aerofagia. Kondisi ini terjadi akibat “penderita” masuk angin banyak menelan udara selama perjalanan

Kaitan masuk angin dan sering keluar malam
Banyak dokter yang menyebut bahwa masuk angin adalah gejala kombinasi dari dua masalah kesehatan, yaitu mag dan flu.

Mag adalah gejala akibat peningkatan asam lambung. Keluhan yang bisa timbul antara lain rasa tak nyaman di perut, nyeri ulu hati, perut kembung atau begah, sering serdawa, cepat kenyang saat makan, kadang disertai mual dan muntah, serta nafsu makan turun sehingga berat badan berkurang.

Apa yang disebut masuk angin ini juga disebabkan oleh aerofagia. Kondisi ini terjadi akibat penderita masuk angin banyak menelan udara selama perjalanan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close