Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemampuan Berpikir Guru Jangan Pas-pasan, Tangkal Disinformasi di Sekolah 

Sabtu, 13 Mei 2023 – 19:04 WIB
Kemampuan Berpikir Guru Jangan Pas-pasan, Tangkal Disinformasi di Sekolah  - JPNN.COM
Kemenkominfo menggelar kick-off literasi digital di lingkungan SMK Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar kick-off literasi digital di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur,.

Kegiatan yang digelar 9 Mei secara hybrid ini diikuti 130 peserta dari guru SMK dan beberapa perangkat desa. 

Koordinator tim Literasi Digital Sektor Pendidikan Bambang Tri Santoso mengatakan tujuan kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi kepada para guru agar berperan untuk meliterasi digital peserta didik, khususnya SMK di Kabupaten Blitar.

"Teknologi informasi yang terus berkembang, harus dibarengi dengan pemahaman kita secara bijak dalam penggunaannya," kata Bambang Tri Santoso dalam keterangannya dikutip Sabtu (13/5).

Kemenkominfo lanjutnya, mendukung pembangunan dan masyarakat cakap digital melalui pembangunan infrastruktur internet berkecepatan tinggi. Bersamaan dengan itu, kegiatan literasi digital juga perlu dimasifkan agar seluruh lapisan masyarakat terdampingi dengan baik

"Berhati-hatilah di internet, apalagi sekarang sudah banyak teknologi AI (Artificial Intelligence) yang bisa memanipulasi sebuah informasi dan data dengan sangat mudah," ujar Bambang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Izul Marom menjelaskan tentang pentingnya 4 pilar literasi digital dalam memerangi tantangan digital yang dihadapi, terutama etika digital dan keamanan digital.

Pemkab ingin meningkatkan capaian literasi digital dengan 4 pilar dan menjaga toleransi.

Kemampuan berpikir guru jangan pas-pasan, tangkal dan lawan disinformasi di sekolah 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close