Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenag Pacu Kapasitas 51 KUA Memberdayakan Ekonomi Umat

Rabu, 12 Juli 2023 – 22:06 WIB
Kemenag Pacu Kapasitas 51 KUA Memberdayakan Ekonomi Umat - JPNN.COM
Kementerian Agama terus terus meningkatkan kapasitas Kantor Urusan Agama (KUA) untuk memberdayakan ekonomi umat. Foto: dok Kemenag

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama terus terus meningkatkan kapasitas Kantor Urusan Agama (KUA) untuk memberdayakan ekonomi umat.

Direktorat pemberdayaan zakat dan wakaf, Kementerian Agama menggelar lokalatih agent of change ekonomi syariah pendamping penyuluh Kantor Urusan Agama (KUA) di Jakarta pada Rabu-Jumat, 12-14 Juli 2023.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin mengatakan bahwa kegiatan itu akan melibatkan penyuluh Agama Islam PNS dan non-PNS untuk mendampingi pemberdayaan ekonomi umat di 51 KUA terpilih di seluruh Indonesia. 

"51 KUA tersebut telah di launching menjadi KUA pemberdayaan ekonomi umat sejak tahun 2021 dan berjalan hingga saat ini," kata Kamaruddin Amin, di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan program itu merupakan bagian dari revitalisasi KUA yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penyuluh agama islam PNS/non PNS sebagai agen perubahan ekonomi syariah di bidang zakat dan wakaf.

Selain itu, diharapkan program akan menghasilkan rekomendasi ide-ide perubahan yang inovatif dan inspiratif.

"Menghasilkan dokumen rencana aksi yang nyata dan dituangkan dalam perjanjian kerjasama antara penyuluh dan direktur pemberdayaan zakat dan wakaf," ungkapnya.

Kamaruddin mengatakan melalui program itu telah memberikan bantuan modal usaha yang bersumberkan dari APBN, berupa uang Rp 10 juta kepada 10 keluarga penerima manfaat. 

Kementerian Agama terus terus meningkatkan kapasitas Kantor Urusan Agama (KUA) untuk memberdayakan ekonomi umat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close