Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemendikbudristek Beberkan Capaian Pendidikan Vokasi Dalam Empat Tahun Terakhir

Rabu, 31 Juli 2024 – 15:23 WIB
Kemendikbudristek Beberkan Capaian Pendidikan Vokasi Dalam Empat Tahun Terakhir - JPNN.COM
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) melaksanakan kegiatan Ekspose Pendidikan Vokasi dan Evaluasi Capaian Pelaksanaan Program Semester I Tahun 2024. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek telah meluncurkan berbagai inisiasi disesuaikan dengan kebutuhan industri dalam empat tahun terakhir. 

Berbagai inisiatif itu diluncurkan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang siap bersaing di pasar global. 

"Salah satu tugas Kemendikbudristek adalah menyiapkan Generasi Emas 2045. Dengan melihat tantangan saat ini, diperlukan jalan baru pemajuan pendidikan vokasi yang lebih responsif, relevan, inklusif, inovatif, dan efektif," kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati, Rabu (31/7).

Untuk menginformasikan kepada publik terkait capaian pendidikan vokasi selama periode 2020-2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) melaksanakan kegiatan Ekspose Pendidikan Vokasi dan Evaluasi Capaian Pelaksanaan Program Semester I Tahun 2024 pada 24 sampai 26 Juli 2024.

Dalam periode ini, Ditjen Diksi terus mendorong satuan pendidikan vokasi untuk memastikan satuan pendidikannya bisa menyelenggarakan praktik kerja lapangan (PKL), menyusun kurikulum bersama industri, serta mengundang para praktisi untuk mengajar.

“Tugas kita adalah memfasilitasi satuan pendidikan vokasi termasuk menghadirkan praktisi mengajar karena inspirasi bisa datang dari mana saja,” ucap.

Tiga fokus transformasi pendidikan vokasi meliputi sekolah menengah kejuruan (SMK), perguruan tinggi vokasi (PTV), serta lembaga kursus dan pelatihan (LKP). Dalam kurun waktu 2020-2024 hampir 50% dari siswa SMK telah mendapatkan pembelajaran unggul dan relevan melalui kerja sama erat dengan 975 industri. 

Selain itu, 680 SMK melaksanakan program SMK Produk Kreatif dan Kewirausahaan, 11.496 SMK telah mengembangkan teaching factory (Tefa), dan 391 SMKN menjadi SMK berstatus badan layanan umum daerah (BLUD). 

Refleksi empat tahun, ini berbagai capaian Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA