Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas

Jumat, 05 April 2024 – 02:42 WIB
Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas - JPNN.COM
Mudik Asyik bersama BUMN 2024. Foto: dok Kementerian BUMN

jpnn.com, BULELENG - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memfasilitasi mudik gratis bagi masyarakat dari Pelabuhan Celukan Bawang Bali menuju Kepulauan Raas, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggunakan kapal negara patroli KN. Chundamani P.116 milik Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak, pada Kamis (4/4) yang mengangkut 80 penumpang.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Jon Kenedi mengatakan Kemenhub berkomitmen menjamin kelancaran angkutan lebaran dengan melibatkan kapal-kapal negara yang selalu siap siaga, termasuk kapal patroli KPLP KN. Chundamani P. 116 yang dikomandani oleh Capt. Subairi dan 20 orang ABK.

“Hal ini merupakan upaya pemerintah untuk mengatasi adanya lonjakan penumpang jelang Hari Raya IdulFitri termasuk pada moda transportasi laut yang memerlukan penanganan khusus agar perjalanan mudik lebaran dapat tetap berjalan dengan aman, nyaman dan selamat,” ujar Jon Kenedi.

Jon Kenedi juga memastikan tidak ada tarif yang dikenakan untuk penumpang alias gratis karena kapal yang digunakan merupakan kapal negara.

Selain kapal patroli KPLP, dua kapal kenavigasian juga turut mengangkut pemudik gratis, yakni KN. Nusa Penida dan KN. Mizan.

“Dengan adanya kapal bantuan dari Kementerian Perhubungan, diharapkan dapat mengangkut seluruh pemudik gratis dari Bali menuju Pulau Raas dan dapat mengurangi penumpukan penumpang,” imbuhnya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan angkutan lebaran tahun ini termasuk kepada jajaran Ditjen Perhubungan Laut yang selalu siap siaga mengerahkan kapal-kapal negaranya dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan pelayaran.

“Semoga kerja keras kami dapat bermanfaat dan berhasil memastikan para pemudik tiba di tempat tujuan untuk berkumpul bersama keluarga sebagaimana tema yang diusung tahun ini Mudik Ceria Penuh Makna yang berupaya memberikan keceriaan penyelanggaraan arus mudik yang aman, lancar dan selamat,” seru Jon Kenedi.(chi/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Kemenhub berkomitmen menjamin kelancaran angkutan lebaran dengan melibatkan kapal-kapal negara yang selalu siap siaga.

Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close