Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Kemenkes Perluas Cakupan Layanan Telemedicine Gratis ke 4 Provinsi Ini

Kamis, 22 Juli 2021 – 21:29 WIB
Kemenkes Perluas Cakupan Layanan Telemedicine Gratis ke 4 Provinsi Ini - JPNN.COM
11 platform telemedicine yang bisa memberikan jasa konsultasi dokter dan pengiriman obat secara gratis. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperluas cakupan layanan telemedicine hingga ke Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Tidak hanya Jabodetabek, saat ini layanan tersebut bisa diakses di Karawang, Kota Bandung, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Denpasar.

“Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR/Antigen di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Widyawati dalam keterangannya, Kamis (22/7).

Orang yang menerima hasil positif Covid-19 dari pemeriksaan tersebut akan mendapatkan pesan dari Kemenkes melalui WhatsApp secara otomatis.

Jika tidak menerima pesan, pasien bisa memeriksa situs https://isoman.kemkes.go.id dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Kemudian, pasien bisa melakukan konsultasi dengan dokter secara daring melalui 11 layanan telemedicine yang telah bekerja sama dengan Kemenkes.

Layanan telemedicine tersebut ialah Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell.

Melalui layanan tersebut, pasien bisa berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan paket obat secara gratis.