Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kementan Siapkan Pest List OPT Pisang untuk Dorong Ekspor Pisang Indonesia

Sabtu, 20 Mei 2023 – 19:16 WIB
Kementan Siapkan Pest List OPT Pisang untuk Dorong Ekspor Pisang Indonesia - JPNN.COM
Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura melaksanakan surveilans atau pengamatan OPT secara rutin. Foto: dok Kementan

jpnn.com, BOGOR - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura telah melakukan langkah strategis.

Salah satunya adalah melaksanakan surveilans atau pengamatan OPT secara rutin dan berkala di berbagai sentra produksi hortikultura potensi ekspor.

Dengan melakukan surveilans OPT, dapat diketahui jenis-jenis OPT yang ada di Indonesia, statusnya, dan cara pengendaliannya.

Tim Ditjen Hortikultura telah melakukan Surveilans OPT di Bogor dan Cianjur di Desa Tangkil, Kec. Caringin, Kab. Bogor dan di Desa Majalaya, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin-Rabu (15/5-17/5) kemarin.

Komoditas buah yang menjadi target surveilans adalah pisang. Pisang merupakan komoditas potensial ekspor, tetapi sering terhambat masalah OPT.

“Betul pisang merupakan salah satu komoditas unggulan hortikultura Indonesia yang memiliki potensi pangsa ekspor yang besar. Akan tetapi, pisang itu rentan terhadap serangan OPT yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas produksinya," ujar Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto.

Prihasto menambahkan, saat ini Ditjen Hortikultura terus berkomitmen untuk mendukung peningkatan ekspor komoditas hortikultura. Dengan surveilans OPT, pest list yang akurat, dan terbaru dapat disiapkan.

"Kami berharap dengan adanya pest list ini, ekspor komoditas hortikultura Indonesia semakin meningkat dan sesuai dengan persyaratan negara tujuan,” tambah Prihasto.

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura melaksanakan surveilans atau pengamatan OPT secara rutin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close