Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala BPOM Sebut Indonesia Punya Potensi Besar untuk Pengembangan Obat, Simak Penjelasannya

Minggu, 28 Agustus 2022 – 01:58 WIB
Kepala BPOM Sebut Indonesia Punya Potensi Besar untuk Pengembangan Obat, Simak Penjelasannya - JPNN.COM
Kepala BPOM RI Penny K Lukito dalam lokakarya pemanfaatan teknologi pengembangan obat dan vaksin Covid-19 di Jakarta, Jumat (26/8). Foto: Dokumentasi BPOM RI

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menggelar lokakarya pemanfaatan teknologi pengembangan obat dan vaksin Covid-19, Jumat (26/8).

Adapun kegiatan itu bertujuan membangun pemahaman pengambil kebijakan (government), peneliti (academia), dan pelaku usaha  (business) dalam kerangka triple helix untuk mendorong terbangunnya ekosistem pengembangan obat dan vaksin di Indonesia.

Kepala BPOM RI Penny K Lukito mengatakan Indonesia memiliki potensi besar untuk pengembangan obat dengan adanya kekayaan sumber daya alam, maritim, dan biodiversity.

Namun, industri farmasi Indonesia saat ini masih bergantung pada bahan baku dan obat impor, khususnya untuk obat yang diproduksi dengan teknologi tinggi (advanced technology).

"Pandemi Covid-19 menjadi momentum dalam mendorong banyaknya inisiatif penelitian dan pengembangan, baik obat maupun vaksin, yang bertujuan untuk pengobatan dan pencegahan terhadap penyebaran penyakit Covid-19," kata Penny dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/8).

"Hal ini merupakan salah satu upaya  menuju kedaulatan kesehatan, terutama kemandirian produksi vaksin dalam negeri agar tidak tergantung pada produk vaksin dari luar negeri," sambung Penny.

BPOM sebagai regulator di bidang obat selalu mengawal pengembangan obat dan vaksin.

BPOM, lanjut Penny, akan terus mendampingi secara intensif setiap tahapan pengembangan obat dan vaksin dalam rangka pemenuhan standar dan persyaratan keamanan, khasiat, dan mutu.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menggelar lokakarya pemanfaatan teknologi pengembangan obat dan vaksin Covid-19, Jumat (26/8), simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close