Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketika Gus Sholah Minta Dimakamkan di Samping Gus Dur

Senin, 03 Februari 2020 – 11:11 WIB
Ketika Gus Sholah Minta Dimakamkan di Samping Gus Dur - JPNN.COM
Kompleks pemakaman keluarga besar Pesantren Tebuireng, Jombang. Foto: NU Online/Syarif Abdurrahman

jpnn.com, JOMBANG - Abdi dalem di Pesantren Tebuireng Jombang Ustaz Teuku Azwani mengungkap kenangannya bersama KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah.

Azwani menceritakan, suatu ketika Gus Sholah pernah mengutarakan keinginan di mana lokasi jika kelak dia wafat.

"Saat jalan-jalan di sekitaran pesarean (pemakaman), Gus Sholah pernah mengatakan bahwa dirinya ingin dimakamkan di sebelah kakaknya, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur," tutur ustaz kelahiran Aceh itu seperti dikutip dari NU Online, Senin (3/2).

Keinginan Gus Sholah bakal kesampaian. Dari pantauan NU Online di pesarean keluarga Pesantren Tebuireng pagi tadi, sudah dilakukan penggalian liang lahat di lokasi tersebut.

Hal itu karena ada kepastian dari berbagai pihak. "Kami awalnya menunggu kabar dari berbagai kalangan. Setelah ada kepastian, maka proses penggalian liang lahat bagi almarhum Gus Sholah dilakukan," kata Azwani.

Gus Sholah akan dimakamkan tepat di sebelah barat makam Gus Dur. Dari posisi KH M Hasyim Asy’ari dan KH A Wahid Hasyim, makam Gus Sholah akan berada di sebelah utaranya.

KH Agus M Zaki yang juga Pengasuh Pesantren Al-Masyruriyah Tebuireng saat berada di pemakaman membenarkan terkait hal tersebut.

"Pagi ini saya di makbarah Pesantren Tebuireng, bersama Mas Agus dan Gus Ghoffar menentukan lokasi makam Gus Sholah sesuai wasiat beliau," kata Ketua Pengurus Wilayah (PW) Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Jawa Timur tersebut.

Saat berjalan di sekitar pemakaman, Gus Sholah mengatakan bahwa dirinya ingin dimakamkan di sebelah kakaknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close