Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua DPR Dorong Gubernur Dipilih DPRD

Setelah Presiden Risaukan Kerusuhan Pilkada

Sabtu, 07 Agustus 2010 – 02:50 WIB
Ketua DPR Dorong Gubernur Dipilih DPRD - JPNN.COM
JAKARTA - Wacana pemilihan gubernur dikembalikan lagi ke DPRD provinsi makin mengemuka pasca pernyataan keprihatinan presiden atas kondisi pelaksanaan pilkada belakangan ini. Ketua DPR Marzuki Alie yakin, pengembalian pemilihan kepala daerah di tingkat provinsi kepada DPRD setingkat tidak akan menafikan semangat berdemokrasi di negeri ini.

 

"Sebab, provinsi itu tidak ada wilayah kekuasaannya," ujar Marzuki Alie di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (6/8). Karena itu, dia menyatakan, gubernur memang sebaiknya kembali ditegaskan merupakan bagian kepanjangan tangan pemerintah pusat. "Caranya, diisi saja dengan pejabat karir atau pemilihan melalui DPRD," tandas wakil ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu.    

 

Namun, dia menambahkan bahwa wacana tersebut hanya ditujukan untuk pemilihan gubernur. "Bupati atau wali kota beda. Kita semua sudah sepakat akan tetap dipilih langsung. Hanya sistemnya perlu diperbaiki," tutur Marzuki.

 

Misalnya, lanjut dia, pembatasan dana kampanye secara ketat. "Saya tahu persis karena pernah menjadi Sekjen selama lima tahun, (besarnya biaya kampanye) ini biangnya korupsi," tegas mantan Sekjen Demokrat itu.

 

JAKARTA - Wacana pemilihan gubernur dikembalikan lagi ke DPRD provinsi makin mengemuka pasca pernyataan keprihatinan presiden atas kondisi pelaksanaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA