Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua KPU Hasyim Asyari Dipecat Gegara Asusila, Begini Reaksi Doli Kurnia

Jumat, 05 Juli 2024 – 08:41 WIB
Ketua KPU Hasyim Asyari Dipecat Gegara Asusila, Begini Reaksi Doli Kurnia - JPNN.COM
Hasyim Asyari. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia prihatin atas putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI terkait pemecatan Ketua KPU Hasyim Asyari.

Hasyim Asyari diberhentikan tetap sebagai ketua KPU oleh DKPP lantaran kasus asusila dengan anggota PPLN Den Haag, Belanda, Cindra Aditi Tejakinkin (CAT).

Ketua KPU Hasyim Asyari Dipecat Gegara Asusila, Begini Reaksi Doli KurniaDokumenasi - Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia. Foto: Ricardo/JPNN.com

"Sebenarnya, khusus kepada saudara (mantan) ketua KPU ini sudah beberapa kali kami juga memberikan masukan supaya menjaga lembaga ini, menjaga sikap sebagai ketua lembaga yang sangat penting dan strategis," kata Doli dalam rilis video di Jakarta, Kamis (4/7).

Kredibilitas lembaga penyelenggara pemilu itu menurut Doli juga harus baik di mata publik, apalagi dalam waktu dekat akan ada pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

Dia mengatakan semua pihak harus menghormati putusan dari DKPP yang memang diberi tugas oleh undang-undang sebagai lembaga yang mengawasi tindak perilaku, terutama etik bagi penyelenggara pemilu, KPU, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran untuk kita semua karena kalau kita lihat dari putusan yang dibacakan oleh DKPP, memang sudah terkonfirmasi ya dari berbagai pihak, dari yang menggugat maupun tergugat, kemudian saksi-saksi," tuturnya.

Legislator Partai Golkar itu juga mengaku telah menghubungi Ketua DKPP RI Heddy Lugito dan beberapa anggotanya untuk menanyakan dan meminta klarifikasi terkait putusan tersebut.

Begini kalimat Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia soal Ketua KPU Hasyim Asyari dipecat DKPP gegara kasus asusila dengan Cindra Aditi.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close