Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR Bamsoet Minta ARDIN Indonesia Harus Dorong Peningkatan Digitalisasi Usaha

Sabtu, 22 Juni 2024 – 06:39 WIB
Ketua MPR Bamsoet Minta ARDIN Indonesia Harus Dorong Peningkatan Digitalisasi Usaha - JPNN.COM
Ketua MPR sekaligus Ketum ARDIN Indonesia saat menghadiri Rapat Pengurus Harian Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang dan Distribusi Indonesia yang berlangsung di Parle Senayan, Jakarta, Jumat (21/6). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet mengingatkan para pengusaha dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dengan memanfaatkan digitalisasi usaha di era digital yang berkembang sangat pesat.

Kemajuan teknologi melalui jaringan internet dapat membuka akses para pengusaha dan UMKM untuk memasuki pasar nasional dan internasional dengan biaya terjangkau.

"Digitalisasi usaha dapat memperluas akses pasar serta meningkatkan daya saing," kata Bamsoet seusai memimpin rapat pengurus harian Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang dan Distribusi (ARDIN) Indonesia di Parle Senayan, Jakarta, Jumat (21/6).

Bamsoet mengatakan pemanfaatan teknologi dapat digunakan untuk mengakses pilihan supplier yang variatif, pemasaran digital dengan biaya terjangkau, komunikasi yang lebih mudah dengan buyer, efisiensi operasional bisnis, pilihan pembayaran yang mudah dan cepat, serta beragam manfaat lainnya.

Dia menyampaikan pemerintah saat ini tengah giat mensosialisasikan program digitalisasi UMKM.

Mulai dari Bank Indonesia dengan program e-farming, e-commerce, pendukung financing, dan e-payment.

Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informasi, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif juga giat mendorong program digitalisasi UMKM dengan menggandeng pihak swasta, pemerintah daerah, dan provinsi.

"Kementerian Koperasi dan UKM telah berkolaborasi dalam mewujudkan akselerasi digital UMKM yang melibatkan sejumlah lokapasar di tanah air, yaitu Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, dan sejumlah marketplace lain," terang Bamsoet.

Sejumlah hal disampaikan Ketua MPR Bamsoet saat menghadiri rapat Pengurus Harian ARDIN Indonesia di Jakarta, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close