Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Khasiat Buah Semangka yang Wajib Diketahui

Selasa, 08 Oktober 2019 – 11:53 WIB
Khasiat Buah Semangka yang Wajib Diketahui - JPNN.COM
Semangka. Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Saat cuaca panas dan terik matahari terasa tak tertahankan, buah semangka menjadi salah satu pelepas dahaga yang diincar banyak orang. Usut punya usut, buah bundar yang banyak airnya ini punya segudang manfaat buat tubuh, selain mengusir dehidrasi.

Penasaran apa saja manfaat buah semangka yang lain? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman MSN, Minggu (6/10).

1. Semangka kaya akan lycopene yang melawan kanker

Semangka mendapatkan warna merahnya berkat antioksidan lycopene. Lycopene adalah antioksidan dan nutrisi anti kanker yang bisa dikonsumsi mentah dan tersedia secara biologis (bisa digunakan oleh tubuh). Nutrisi dari semangka ini bisa memainkan peran bermanfaat sebagai bagian dari diet sehat secara keseluruhan.

2. Semangka juga kaya akan vitamin C

Jangan anggap jeruk dan stroberi sebagai satu-satunya buah dalam gudang vitamin C Anda. Semangka adalah sumber vitamin yang baik. Menurut USDA, satu buah semangka mengandung sekitar 23 mg vitamin C, yang merupakan sekitar 30 persen dari asupan harian yang Anda rekomendasikan. Vitamin C berperan penting dalam membantu tubuh Anda membentuk kolagen, protein yang menjaga kulit tetap sehat dan penglihatan tetap tajam.

3. Ini camilan pra-latihan yang luar biasa

Semangka merupakan sumber hidrasi dan seratnya lebih rendah, jadi tidak akan membuat perut Anda sakit sebelum berolahraga. Plus, semangka adalah sumber kalium yang baik (penting untuk fungsi otot). Hanya satu irisan semangka mengandung sekitar 320 mg kalium, sekitar 12 persen dari kebutuhan harian Anda. Buah ini juga mengandung asam amino yang disebut L-citrulline dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa, seiring waktu, konsumsi teratur L-citrulline ini bisa meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah untuk meningkatkan kinerja olahraga.

Selain mengusir dehidrasi, buah semangka juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close