Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kiat Sukses Rizal Ramli untuk Bangkit dari Keterpurukan Ekonomi

Sabtu, 11 April 2020 – 20:43 WIB
Kiat Sukses Rizal Ramli untuk Bangkit dari Keterpurukan Ekonomi - JPNN.COM
Rizal Ramli. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom senior Rizal Ramli mengatakan meskipun dampak pandemi Covid-19 telah memukul perekonomian Indonesia, namun peluang untuk bangkit kembali masih tetap ada.

Menurutnya, itu bisa terjadi asalkan tim ekonomi memiliki terobosan nyata yang mampu menggairahkan kembali perekonomian rakyat.

“Semua masalah pasti selalu ada jalan keluarnya selama memiliki terobosan. Bahkan, masalah itu bisa menjadi peluang," ujar Rizal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/4).

Rizal mengisahkan kesuksesan tim ekonomi yang dipimpinnya di era Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Menurutnya, salah satu strategi kebijakan yang dijalankan Tim Ekonomi Gus Dur sehingga sukses mempercepat pertumbuhan ekonomi dari negatif tiga persen ke positif 4,9 persen, ialah melalui program restrukturisasi korporasi milik negara maupun unit usaha swasta.

“Seiring dengan itu, utang pun berkurang, dan mencapai indeks gini ratio terendah (0,31) sepanjang sejarah Indonesia melalui program restrukturisasi korporasi milik negara maupun unit usaha swasta,” ungkap mantan Menko Ekuin itu.

Ia lantas menyebutkan sejumlah contoh sukses restrukturisasi korporat. Antara lain, restrukturisasi Bulog, PT Dirgantara Indonesia (PT DI), dan PT PLN, pemisahan manajemen PT Telkom dan PT Indosat, serta penanganan Bank Internasional Indonesia (BII). Selain itu, kebijakan di sektor properti, usaha kecil menengah (UKM) dan usaha tani.

Dia memerinci, tim ekonomi Gus Dur mengubah Bulog menjadi lembaga transparan, profesional dan akuntabel.

Rizal Ramli berbagi kiat sukses menghadapi dampak pandemi Covid-19 yang telah memukul perekonomian Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close