Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kideco Raih Peringkat Bintang Empat untuk Manajemen K3

Sabtu, 01 Juni 2024 – 21:05 WIB
Kideco Raih Peringkat Bintang Empat untuk Manajemen K3 - JPNN.COM
Direktur Bina Kelembagaan K3 Kemenaker Hery Sutanto (ketiga dari kanan) bersama tim ICC OSH Kideco dalam kunjungannya ke booth Kideco setelah memberikan sambutan pada acara Indonesian Conference & Competition Occupational Safety & Health (ICC-OSH), di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (29/5/2024). Foto: Humas PT Kideco

jpnn.com, JAKARTA - Tren kecelakaan dan penyakit akibat kerja, menurut Direktur Bina Kelembagaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) Hery Sutanto beberapa tahun belakangan terus meningkat.

Hery Sutanto menyebutkan data BPJS Ketenagakerjaan menunjukkan kenaikan jumlah angka kecelakaan dan penyakit, akibat kerja dari tahun 2021 hingga 2023.

Pada tahun 2021 terdapat lebih dari 224 ribu kasus, 2022 terdapat lebih dari 298 ribu kasus, dan terus meningkat pada tahun 2023 mencapai lebih dari 370 kasus.

Menurut Herry, perlu inovasi untuk menekan angka tersebut.

“K3 harus berkolaborasi dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang mampu menurunkan potensi kecelakaan di tempat kerja. Semua pihak harus terus berinovasi sebagai upaya untuk terhindar dari kecelakaan dan penyakit di tempat kerja,” ujar Hery Sutanto dalam sambutannya di acara Indonesian Conference & Competition Occupational Safety & Health (ICC-OSH), di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (29/5/2024).

Ketua Panitia ICC-OSH 2024 T, Saut P Siahaan pada kesempatan yang sama menyebutkan bahwa penting untuk perusahaan-perusahaan penyelenggara K3 berbagi pengalaman demi memastikan keberlangsungan proses kerja yang aman dan sehat.

Di acara yang didukung oleh Kemenaker dan diikuti oleh berbagai perusahaan lintas sektor di Indonesia, baik BUMN maupun pihak swasta, peserta yang jumlahnya mencapai 320, berkesempatan mendemonstrasikan inovasi dalam penerapan sistem manajemen K3.

PT Kideco Jaya Agung (Kideco) di ajang tersebut berhasil memperoleh predikat Bintang 4 (skala 1-5), dengan judul makalah “Penerapan Teknologi Internet of Things (IoT) Dengan Sensor Pada Operasional Penambangan Untuk Menurunkan Incident Rate di PT Kideco Jaya Agung.”

PT Kideco Jaya Agung (Kideco) berhasil memperoleh predikat Bintang 4 (skala 1-5) dengan judul makalah Penerapan Teknologi Internet of Things.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close