Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kios Ponsel Dipaksa Tutup, Bos PGC Merasa Jualan HP Tidak Dilarang

Senin, 13 April 2020 – 18:24 WIB
Kios Ponsel Dipaksa Tutup, Bos PGC Merasa Jualan HP Tidak Dilarang - JPNN.COM
Camat Kramat Jati, Eka Darmawan menegur sejumlah konsumen dan pedagang yang masih melakukan transaksi di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarra Timur, Senin (13/4/2020). Foto: ANTARA/HO-Kecamatan Kramat Jati

jpnn.com, JAKARTA TIMUR - Petugas gabungan dari unsur TNI-Polri dan Satpol PP mendatangi puluhan toko telepon seluler (ponsel) di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur, yang tetap buka di tengah pandemic virus corona COVID-19.

General Manager PGC Akub Sudarsa ngotot tetap buka. Alasannya, mereka merasa termasuk dalam pengecualian Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diliburkan pemerintah, seperti tertuang dalam Permenkes Nomor 9 Tahun 2020.

"Misalnya pada poin yang dikecualikan seperti sistem dan alat komunikasi, di situ ada beda penafsiran, kan handphone (hp) ada di dalamnya," kata General Manager PGC Akub Sudarsa di Jakarta, Senin (13/4).

Poin tersebut tercantum pada Pasal 13 ayat 3 yang menyebutkan bahwa pengecualian tempat usaha yang diliburkan adalah telekomunikasi, internet, penyiaran dan layanan kabel teknologi informasi (TI) dan layanan yang diaktifkan dengan TI.

Merujuk pada ketentuan tersebut, kata Akub, puluhan pedagang gerai telepon genggam tetap membuka usahanya hingga hari keempat penerapan PSBB di lantai dasar PGC.

"Tentunya ini kalau kita kaitkan dengan komunikasi sama situasi seperti ini, ketimbang orang yang datang berkumpul, tentu yang dikedepankan alat komunikasi, salah satunya hp," katanya.

Sebenarnya pedagang telepon genggam dan pulsa, kata Akub, tidak melakukan transaksi secara langsung. Mereka berjualan secara daring (online).

"Barangnya di toko, tinggal kemas dan kirim. Tapi ada juga yang service dan datang ke sini. Makanya service hp ada yang buka," katanya.

Puluhan toko ponsel di Pusat Grosir Cililitan dipaksa untuk tutup karena masa PSBB Jakarta untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Jaga Hati

    Rabu, 24 April 2024 – 07:07 WIB
    Jaga Hati - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Zeni

    Sabtu, 13 April 2024 – 08:46 WIB
    Zeni - JPNN.com
  • Kriminal

    Fajar Store Merugi Rp 501 Juta Gegara Maling, Polisi Buru Pengemudi Karimun Wagon

    Senin, 18 Maret 2024 – 10:49 WIB
    Fajar Store Merugi Rp 501 Juta Gegara Maling, Polisi Buru Pengemudi Karimun Wagon - JPNN.com
  • Hukum

    Kadinkes Sumut Ditahan Jaksa terkait Korupsi APD Rp 24 Miliar

    Rabu, 13 Maret 2024 – 21:13 WIB
    Kadinkes Sumut Ditahan Jaksa terkait Korupsi APD Rp 24 Miliar - JPNN.com
X Close