Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KLHK Bangun 120 Hektare Persemaian Modern di Lokasi Ibu Kota Negara Baru

Rabu, 18 Desember 2019 – 07:46 WIB
KLHK Bangun 120 Hektare Persemaian Modern di Lokasi Ibu Kota Negara Baru - JPNN.COM
Menteri LHK Siti Nurbaya saat mengunjungi persemaian modern ibu kota baru di Bukit Merdeka. Foto: KLHK

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan membangun Persemaian Modern seluas 120 hektare di lokasi ibu kota baru di Bukit Merdeka, Samboja, Kalimantan Timur.

Nantinya dari lokasi persemaian modern di Ibu Kota Negara (IKN) baru ini ditargetkan memproduksi 15 juta bibit per tahun.

Selain menjadi pusat pembibitan dan kebun benih, pada lokasi ini juga akan dibuat Arboretum atau taman hutan dengan koleksi tanaman endemik Indonesia, yang akan berfungsi juga sebagai taman rekreasi dan sarana olahraga.

"Refleksi persemaian modern ini salah satu wujud komitmen Indonesia dalam pemindahan IKN yang sangat serius memperhatikan aspek pemulihan dan perlindungan lingkungan, sebagaimana pesan Bapak Presiden kepada kami di KLHK," ucap Menteri LHK Siti Nurbaya usai mendampingi Presiden Joko Widodo, Selasa (17/12),

Menteri Siti ikut kunjungan kerja melihat lokasi IKN baru yang berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Tepatnya pada Kawasan Hutan Produksi eks HTI Itchi Hutani Manunggal.

Pembangunan di lokasi IKN ini nantinya didesain dengan menggunakan konsep kota cerdas (smart city) dan forest city atau bush capital. KLHK sedang terus mendalami langkah-langkah kebijakan yang tepat untuk tujuan tersebut.

Termasuk memerhatikan green infrastruktur, seperti flyover yang tidak mengganggu lintasan satwa. Pembangunan IKN juga tetap memperhatikan keberlangsungan keanekaragaman hayati tempatan.

"Tentu saja dengan tetap menjaga habitat terutama Orang Utan dan Bekantan, serta pemulihan lingkungan vegetasi (alam) dan penanganan eks tambang. Untuk membangun gagasan besar ini, segala sesuatunya dipersiapkan, terutama pada bagian tugas kami di KLHK, yaitu pada aspek lingkungan," jelas Menteri Siti.

Nantinya dari lokasi persemaian modern di ibu kota baru ini ditargetkan memproduksi 15 juta bibit per tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close