Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KLHK Mempersiapkan Ministerial Communique untuk G20 Mendatang

Rabu, 22 Juni 2022 – 20:25 WIB
KLHK Mempersiapkan Ministerial Communique untuk G20 Mendatang - JPNN.COM
Environment Deputies Meeting and Climate Sustainability Working Group (2nd EDM-CSWG). Foto: dok KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Pertemuan kedua Environment Deputies Meeting and Climate Sustainability Working Group (2nd EDM-CSWG) negara-negara anggota G20 di Jakarta resmi berakhir Selasa (21/06).

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian LHK Laksmi Dhewanthi mengatakan pertemuan kedua di Jakarta ini menjadi sangat penting. 

Pertemuan kedua ini menjadi perantara pertemuan pertama di Yogyakarta dan pertemuan terakhir di Bali akhir Agustus yang akan membahas Ministerial Communique. 

“Pertemuan tadi sudah menghasilkan satu dokumen yang disebut pre-zero draft yang merupakan dokumen awal yang akan dibahas terus menerus sampai dengan nanti Agustus menghasilkan suatu dokumen yang disebut Ministerial Communique of Environment and Climate and Sustainability,” ungkap Laksmi.

Laksmi menambahkan pre-zero draft communique akan ditindaklajuti dengan beberapa pertemuan sampai dengan pertemuan tingkat menteri di Bali.

“Pada saat ini kami belum bisa membagikan communique-nya karena masih dalam proses. Kami baru punya pre zero draft. Kami akan punya serangkaian diskusi-diskusi, pertemuan negosiasi untuk Communique tersebut, sampai nanti menjelang pertemuan ketiga di akhir Agustus di Bali,” jelas Laksmi.

Communique akan memuat elemen-elemen atau paragraf-paragraf yang mencerminkan komitmen.

Laksmi memberikan contoh misalnya, nanti G20 berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya-upaya untuk pengendalian perubahan iklim.

KLHK dan lembaga terkait mempersiapkan Ministerial Communique of Environment and Climate and Sustainability jelang G20.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close