Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Komisi VI DPR Minta KAI Tingkatkan Pertumbuhan Penumpang 11,9 Persen Per Tahun

Selasa, 15 Desember 2020 – 22:37 WIB
Komisi VI DPR Minta KAI Tingkatkan Pertumbuhan Penumpang 11,9 Persen Per Tahun - JPNN.COM
Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza. Foto: Dok. Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta kepada PT Kereta Api (Persero) untuk meningkatkan pertumbuhan penumpang hingga 11,9 persen per tahun.

Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza mengatakan target ini diperlukan untuk mendukung penambahan gerbang baru sebanyak 4.646 gerbong dan railway sepanjang 6.000 kilometer selama 5 tahun ke depan.

“Saya titip agar PT KAI memproyeksikan pertumbuhan penumpang 11,9% pertahun sehingga dalam 5 tahun membutuhkan 4.646 gerbong baru dan tentu saja pertumbuhan railway baru sepanjang 6.000 kilometer," kata Faisol saat FGD dengan PT KAI, Selasa (15/12/2020).

Selain itu, Faisol juga meminta kepada perusahaan pelat merah itu untuk mengkaji ulang rencana induk perkeretaapian nasional.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan telah memiliki rencana induk perkeretaapian hingga 2030 termasuk di dalamnya adalah pengembangan secara bertahap jalur rel di luar Pulau Jawa.

Rencana induk perkeretaapian tersebut juga memetakan kawasan industri yang memiliki potensi angkutan barang cukup besar di luar pulau Jawa. Kondisi tersebut dikarenakan potensinya populasinya yang tidak sebesar di pulau Jawa.

“Kami juga meminta agar rencanan induk perkeretaapian nasional, dan pemerintah harus membantu penyederhanaan serta sinkronkan regulasi sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo," kata dia.(fri/jpnn)

Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta kepada PT Kereta Api (Persero) untuk meningkatkan pertumbuhan penumpang hingga 11,9 persen per tahun.

Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close