Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Komitmen Ganjar Jadikan Danau Toba Jadi Wisata Kelas Dunia

Minggu, 12 November 2023 – 18:04 WIB
Komitmen Ganjar Jadikan Danau Toba Jadi Wisata Kelas Dunia - JPNN.COM
Capres 2024 Ganjar Pranowo mengaku takjub dengan kecantikan Danau Toba. Foto: dok Tim Saga

jpnn.com, JAKARTA - Calon presiden 2024 Ganjar Pranowo mengaku takjub dengan kecantikan Danau Toba. Dia melihat ada potensi besar agar Danau Toba ini bisa menjadi destinasi wisata unggulan. 

"Danau Toba dan area ini sangat cantik sekali, saya kira bisa dikembangkan untuk menjadi tempat destinasi wisata kelas dunia," kata Ganjar dalam pertemuan dengan tokoh masyarakat di Pelabuhan Muara di Hutana Godang, Muara, Kab. Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Minggu (12/11).

Karena itu, mantan Gubernur Yogyakarta ini juga menegaskan komitmennya untuk menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia. 

Ganjar juga berencana untuk melibatkan masyarakat setempat dalam memahami dan mengelola potensi pariwisata.

"Masyarakat harus terlibat dari desain produk hingga infrastruktur pariwisata, serta tetap menjaga keberlanjutan ekosistem dan warisan budaya," katanya.

Di Danau Toba ini, juga Ganjar menyempatkan untuk meninjau produk-produk UMKM lokal. UMKM lokal ini sangat ia apresiasi para anak muda karena telah menonjolkan budaya. Bahkan ada 'emak-emak' yang rutin membuat kain secara manual untuk diperjualbelikan.

"Tadi ditunjukan produk UMKM yang bagus sekali, kreasinya bagus. Anak-anak mudanya punya desain-desain yang bagus, terus kemudian para seniornya bisa buat kerajinan yang sangat bagus dan indah sekali," papar Ganjar. 

Ganjar juga mendorong pemberian narasi pada setiap corak produk untuk memperkenalkan proses, filosofi, dan teknologi tinggi yang terlibat.

Capres 2024 Ganjar Pranowo mengaku takjub dengan kecantikan Danau Toba. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close