Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Komitmen Netflix untuk Pertumbuhan Film Indonesia

Jumat, 10 Januari 2020 – 08:11 WIB
Komitmen Netflix untuk Pertumbuhan Film Indonesia - JPNN.COM
Ilustrasi Netflix. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan baru saja menjalin kerjasama dengan platform digital layanan Over-The-Top (OTT) Netflix. Dalam kerjasama yang dilakukan Kamis (9/1), Netflix berkomitmen mendukung pertumbuhan perfilman Indonesia dengan berinvetasi 1 juta dolar AS atau setara dengan Rp14 miliar.

Investasi itu untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang perfilman seperti mengundang insan film Indonesia untuk mengikuti program “Script to Screen” di Hollywood. Dalam program tersebut para peserta akan berinteraksi dengan tim kreatif Netflix serta anggota komunitas kreatif global lainnya.

Selanjutnya, Netflix juga akan membawa beberapa ahli dan mitra lainnya untuk memberikan workshop mengenai pengembangan cerita dan penulisan skenario, sekaligus pelatihan pasca-produksi di Jakarta.

"Kami sangat senang bisa mendukung pengembangan konten-konten asli Indonesia yang dapat dinikmati bukan hanya oleh orang Indonesia, tetapi juga dunia internasional," kata Kuek Yu-Chuang, Managing Director, Netflix Asia Pacific, Kamis (9/1).

Sebagai tahap akhir, Netflix dan Kemendikbud akan menyelenggarakan kompetisi film pendek, para pemenang kompetisi ini akan memperoleh dana untuk memproduksi film mereka. Netflix akan menyediakan hadiah uang tunai, yang bisa digunakan untuk produksi serta pengembangan hingga beberapa cerita.

"Kami sangat berharap cerita-cerita tersebut akan mengangkat tema-tema khas Indonesia yang akan disukai oleh penonton global," kata Kuek.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyatakan daya tarik Indonesia sebagai tempat produksi film internasional bisa semakin besar seiring meningkatkan kualitas orang-orang berbakat di dunia film.

Selain itu, Nadiem juga berharap para insan perfilman Indonesia bisa mengangkat tema-tema lokal. Khususnya tentang Pancasila. Pancasila yang kaya akan nilai universal harus bisa diterima oleh kalangan milenial.

Nadiem juga berharap para insan perfilman Indonesia bisa mengangkat tema-tema lokal, khususnya tentang Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close