Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ucapan Terima Kasih DPR untuk Pengabdian Idham Azis di Polri

Kamis, 21 Januari 2021 – 16:16 WIB
Ucapan Terima Kasih DPR untuk Pengabdian Idham Azis di Polri - JPNN.COM
Kapolri Jenderal Idham Azis (kiri) bersama Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo di Komisi III DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (20/1). Foto: Pemberitaan DPR

jpnn.com, JAKARTA - Rapat Paripurna ke-12 DPR Masa Persidangan III Tahun Sidang 2020-2021, Kamis (21/1), menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

Listyo Sigit Prabowo sebelumnya, Rabu (20/1) menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR. Listyo Sigit akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kapolri.

Pengambilan keputusan dilakukan setelah Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyampaikan laporan komisinya mengenai persetujuan pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri Jenderal Idham Azis dan persetujuan pengangkatan Listyo sebagai Kapolri.

Secara runut, Roni panggilan akrabnya, menyampaikan proses atas usulan Presiden Jokowi yang mencalonkan Komjen Sigit sebagai Kapolri hingga pengambilan keputusan di komisi pascauji kepatutan dan kelayakan.

Roni menjelaskan bahwa Presiden Jokowi menyampaikan surat nomor: R-2/Pres/01/2021 tanggal 13 Januari 2021 perihal Pemberhentian dan Pengangkatan dalam jabatan Kapolri kepada DPR RI.

Menindaklanjuti surpres itu, Komisi III DPR menggelar rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana Rae, Kamis (14/1) terkait hasil pemantauan dan penelusuran keuangan calon Kapolri.

"Dalam rapat dengar pendapat umum disimpulkan bahwa tidak ditemukan transaksi mencurigkan dari rekening calon Kapolri," kata Roni dalam Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (14/1).

Legislator Dapil III DKI Jakarta (Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu) itu menambahkan Komisi III DPR pada Senin (18/1), menggelar RDPU dengan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) guna mengetahui lebih lanjut mengenai rekam jejak calon Kapolri.

Komisi III DPR mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Jenderal Idham Azis yang telah mencurahkan seluruh tenaga dan pikirannya secara profesional, dan melaksanakan tugas demi terciptanya ketertiban dan keamanan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close