Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPK Rampas Aset Terpidana Korupsi di Korlantas Polri, Nilainya Puluhan Miliar

Rabu, 18 Agustus 2021 – 12:58 WIB
KPK Rampas Aset Terpidana Korupsi di Korlantas Polri, Nilainya Puluhan Miliar - JPNN.COM
KPK merampas sejumlah aset milik Budi Susanto, terpidana kasus korupsi pengadaan Simulator SIM di Korlantas Polri. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merampas sejumlah aset milik Budi Susanto terpidana kasus korupsi pengadaan Simulator SIM di Korlantas Polri yang telah berkekuatan hukum tetap sesuai putusan Mahkamah Agung (MA).

Adapun perincian barang rampasan yang diterima lembaga antirasuah dari Direktur PT Citra Mandiri Metalindo Abadi (PT CMMA) itu berupa rumah hingga uang tunai. Apabila diakumulasi, nilainya mencapai puluhan miliar.

"Telah melaksanakan putusan Mahkamah Agung RI Nomor: 1452 K/Pid.Sus/2014 pada 13 Oktober 2014 dengan terpidana Budi Susanto yang telah berkekuatan hukum tetap dalam perkara Simulator SIM Korlantas Polri," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (18/8).

Aset yang dirampas KPK, pertama ialah satu unit rumah berupa tanah dan bangunan di Jalan Agung Karya V Blok A No. 15 Jakarta Utara.

Berdasarkan Laporan Hasil Penilaian dari tim penilai KPKNL Jakarta III mempunyai harga wajar Rp 56.745.558.000.

Kemudian, satu unit rumah (tanah dan bangunan) di Jalan Gempol Sari, Kelurahan Cigondewah Kaler dan satu unit rumah (tanah dan bangunan) di Jalan Cigondewah Blok Cibiut. Berdasarkan Laporan Hasil Penilaian dari Tim Penilai KPKNL Bandung mempunyai harga wajar Rp 28.411.084.000.

Selanjutnya, Budi juga membayar sejumlah kekurangan dari putusan MA untuk uang pengganti mencapai total Rp 3.113.284.695.

Fikri menambahkan pihaknya juga sudah melelang satu unit mobil Kijang Innova V AT Diesel tahun 2012 seharga Rp 177 juta.

KPK merampas sejumlah aset milik Budi Susanto, terpidana kasus korupsi pengadaan Simulator SIM di Korlantas Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close