Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPU Papua Tak Ingin Hal yang Terjadi di Pemilu ini Terulang di Pilkada

Selasa, 15 Oktober 2024 – 23:53 WIB
KPU Papua Tak Ingin Hal yang Terjadi di Pemilu ini Terulang di Pilkada - JPNN.COM
Ketua KPU Papua Steve Dumbon. ANTARA/Ardiles Leloltery.

jpnn.com - JAYAPURA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua tak ingin hal-hal yang menghambat pelaksanaan pemilihan pada Pemilu 2024 lalu kembali terulang pada Pilkada 2024.

Di antaranya terkait pendistribusian logistik, penyelenggara berupaya agar seluruhnya dapat terdistribusi dengan baik sebelum pemungutan suara 27 November mendatang.

Menurut Ketua KPU Papua Steve Dumbon pada pemilu presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif Februari 2024, pihaknya menilai ada sekitar lima kabupaten yang kesulitan dalam mendistribusikan logistik.

"Faktor utama keterlambatan pendistribusian logistik ialah cuaca yang mengganggu proses distribusi logistik baik melalui transportasi darat, laut maupun udara," ujar Steve di Jayapura, Selasa (15/10).

Misalnya, pada Kabupaten Supiori terkendala tingginya gelombang laut. Selain itu juga di Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya karena logistik harus dikirim melalui transportasi udara.

"Untuk itu kami meminta KPU kabupaten/kota, panitia pemilihan distrik, panitia pemungutan suara dan kelompok penyelenggara pemungutan suara dapat mengantisipasi hal ini supaya distribusi logistik ke tempat pemungutan suara (TPS) berjalan dengan baik," ucapnya.

Dia menambahkan untuk mengantisipasi keterlambatan pendistribusian pendistribusian logistik pilkada, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan aparat keamanan dalam melakukan pengamanan.

"Untuk itu diharapkan jika kondisi cuaca saat pendistribusian logistik terjadi hujan maka distribusi logistik harus lebih hati-hati untuk menghindari kerusakan akibat cuaca buruk," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua tak ingin hal yang terjadi pada Pemilu 2024 lalu ini terulang di Pilkada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA