Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Krisis Listrik Kalselteng Berakhir 2010

PLTU Asam-Asam Unit 3 dan 4 Mulai Dibangun

Jumat, 27 Februari 2009 – 09:47 WIB
Krisis Listrik Kalselteng Berakhir 2010 - JPNN.COM
TANAH LAUT – Menunggu selama dua tahun lagi, krisis listrik yang terjadi di wilayah Kalsel-teng bakal teratasi. Kekurangan daya yang selama sepuluh tahun terakhir menjadi momok di masyarakat akan terpenuhi, menyusul dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Asam-Asam unit 3 dan 4. Kamis (26/02), ground breaking pembangunan pembangkit tersebut sudah dimulai.

“Krisis listrik yang terjadi di wilayah Kalselteng akan teratasi pada dua tahun mendatang. Akhir 2010, ground breking pembangunan PLTU Asam-Asam unit 3 dan 4 diproyeksi selesai dan bisa dioperasionalkan. Pembangkit ini mempunyai kapasitas 2 x 65 MW,” kata Direktur PT PLN Wilayah Luar Jawa dan Bali Hariyadi Sadono, usai pemancangan tiang pertama pembangunan dua unit pembangkit listrik di Kecamatan Asam-Asam  Kabupaten Tanah Laut, Kamis (26/02).

Saat ini, kapasitas daya yang tersedia di PLTU Asam-Asam hanya 2 x 65 MW. Itu pun tidak berfungsi secara maksimal. Padahal, beban puncak pemakaian listrik di wilayah ini sebesar 300 MW. Sedangkan daya yang tersedia hanya 250 MW, PLTU Asam-Asam men-suport 130 MW, sedangkan daya lain berasal dari beberapa pembangkit di Kalsel. Dengan beroperasionalnya 2 pembangkit yang dibangun tersebut, berarti tambahan daya listrik untuk Kalsel-teng sebanyak 130 MW.

“Diharapkan, dengan tambahan daya dari dua pembangkit yang dibangun ini, kekurangan daya listrik bisa teratasi pada tahun 2010 mendatang,” terang Sadono.

TANAH LAUT – Menunggu selama dua tahun lagi, krisis listrik yang terjadi di wilayah Kalsel-teng bakal teratasi. Kekurangan daya yang selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA