Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kronik Ferdy Sambo, dari Kadiv Propam ke Hotel Prodeo, Lalu Vonis Mati

Senin, 13 Februari 2023 – 16:17 WIB
Kronik Ferdy Sambo, dari Kadiv Propam ke Hotel Prodeo, Lalu Vonis Mati - JPNN.COM
Terdakwa perkara pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Ferdy Sambo, saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (29/11). Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menjatuhkan hukuman mati kepada mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Ferdy Sambo yang menjadi terdakwa pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Majelis hakim PN Jaksel yang menyidangkan perkara itu menyatakan Ferdy Sambo terbukti merencanakan pembunuhan terhadap Yosua dan menghalangi penyidikan kasus yang menyeretnya.

"...menjatuhkan pidana kepada terdakwa tersebut oleh karena itu dengan pidana mati," ujar Wahyu Iman Santoso yang memimpin majelis hakim perkara Ferdy Sambo pada persidangan di PN Jaksel, Senin (13/2).

Majelis hakim juga memerintahkan Ferdy Sambo tetap ditahan. Adapun biaya perkaranya dibebankan kepada negara.

"Tidak ada hal meringankan dalam perkara ini," ucap Wahyu.(cr3/JPNN.com)

Berikut ini adalah kronik perjalanan kasus yang menyeret Ferdy Sambo:

8 Juli 2022
Brigadir J meninggal dunia karena ditembak di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jaksel. Pada saat itu, Ferdy Sambo merupakan polisi aktif berpangkat inspektur jenderal yang memimpin Divpropam Polri.

11 Juli 2022
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengumumkan Brigadir J tewas dalam disebabkan tembak-menembak dengan Richard Eliezer alias Bharada E. Brigjen Ramadhan menyebut Brigadir J ditembak karena menembak Bharada E terlebih dahulu setelah ketahuan melecehkan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Kasus yang menyeret Ferdy Sambo bermula saat Brigadir J mati ditembak. Ferdy Sambo menjadi tersangka pembunuhan dan perintangan penyidikan kematian Brigadir J.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close