Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kualitas Santan Kelapa Bergantung pada Kemasan yang Baik

Jumat, 15 November 2019 – 19:00 WIB
Kualitas Santan Kelapa Bergantung pada Kemasan yang Baik - JPNN.COM
Ilustrasi santan kelapa. Foto : Pixabay

jpnn.com - TETRA Pak Indonesia mengajak ahli keamanan pangan dan pelaku industri kuliner untuk membahas secara khusus topik kebaikan santan kelapa kemasan.

Ini dibahas dalam diskusi 'Melindungi Kebaikan Santan Kelapa Indonesia'.

Salah satunya yang dibahas khusus adalah peran kemasan dalam memastikan aspek keamanan pangan pada santan kelapa untuk didistribusikan ke seluruhpelosok Indonesia hingga pasar ekspor luar negeri.

Menurut Dr.-Ing. Azis Boing Sitanggang, Dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui ini bisa dilakukan melalui teknologi Ultra High Temperature (UHT) yang memanaskan produk santan kelapa kemasan pada 140 o C dalam waktu 8- 15 detik sehingga kondisi sterilitas komersial ini telah tercapai (F o ≥ 3 menit).

"Dengan demikian, mikroba target berupa Clostridum botulinum, dan mikroorganisme patogen maupun pembusuk yang terdapat dalam produk tersebut telah dimusnahkan. Implikasi dari proses ini adalah produk dapat bertahan lebih lama jika disimpan pada suhu ruang; dan waktu proses yang relatif cepat dapat menjaga nutrisi dan rasa alami dari santan kelapa tersebut," papar Dokter Azis.

Artinya, kata dia, konsumen tidak perlu lagi ragu untuk memanfaatkan produk ini sebagai bahan dasar dan pelengkap makanan dan minumannya.

Dia mengelaborasikan lebih lanjut bagaimana teknologi proses dan pengemasan bisa menjawab tantangan perluasan distribusi produk santan kelapa kemasan.

Lebih lanjut, menurutnya, dengan memerhatikan kondisi kemasan yang baik (tidak penyok, tidak adanya penggelembungan) dan disertai dengan informasi pelabelan yang sesuai dengan peraturan (informasi kedaluwarsa, nomor registrasi produk, dan lainnya), maka konsumen seharusnya tidak perlu ragu untuk menggunakan produk santan kelapa kemasan.

Aspek kebersihan dan higienitas yang terjaga melalui kemasan aseptik untuk santan kelapa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close