Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kunjungi Wilayah Paling Selatan Indonesia, Ganjar Dianugerahi Gelar ‘Yang Mulia Funu Keu’

Sabtu, 02 Desember 2023 – 18:19 WIB
Kunjungi Wilayah Paling Selatan Indonesia, Ganjar Dianugerahi Gelar ‘Yang Mulia Funu Keu’ - JPNN.COM
Capres Ganjar Pranowo saat menjalani prosesi adat penganugerahan gelar adat dengan nama ‘Yang Mulia Funu Keu’ dari Kerajaan Termanu di Pulau Rote antara lain memakai topi Ti’i Langga, khas masyarakat di wilayah paling selatan Indonesia pada Sabtu Sabtu (2/12/2023). Foto: Tim GP

jpnn.com, ROTE NDAO - Calon presiden Ganjar Pranowo bersafari di Pulau Rote, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (2/12/2023).

Kontestan Pilpres 2024 bernomor urut 3 itu mengunjungi pulau di wilayah paling selatan Indonesia itu setelah bersafari di Ende, Flores.

Saat tiba di Bandara David Constantijn Saudale Kabupaten Rote Ndao, gubernur ke-15 Jawa tengah itu langsung disambut tokoh masyarakat setempat, Vicoas Amalo yang juga dikenal sebagai raja Kerajaan Termanu.

Selain itu, ada puluhan orang berkuda yang menjemput Ganjar, lalu mengiringinya menuju Istana Uma Batu di Feapopi Nusak Termanu, Kecamatan Rote Tengah.

Ganjar menjadi tamu agung bagi Kerajaan Termanu dan memperoleh sambutan meriah.

Capres yang diusung PDIP, PPP, Partai Hanura dan Perindo itu menjalani serangkaian upacara adat juga digelar untuk menyambutnya.

Ganjar yang berpasangan dengan Mahfud MD itu dinobatkan menjadi anak sulung keluarga besar Nusak Termanu.

Menurut Sekretaris Adat Suku Folateik Nusak Termanu Gentry Amalo, penobatan Ganjar menjadi anggota keluarganya itu berdasarkan pada keputusan dewan adat.

Kerajaan Termanu di Pulau Rote, wilayah paling selatan Indonesia itu menganugerahi gelar adat kepada Ganjar dengan nama perang, Yang Mulia Funu Keu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close