Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Langkah Berani BI Jaga Ekonomi Indonesia dari Efek Perang Rusia Vs Ukraina

Oleh M Misbakhun*

Jumat, 29 Juli 2022 – 18:16 WIB
Langkah Berani BI Jaga Ekonomi Indonesia dari Efek Perang Rusia Vs Ukraina - JPNN.COM
Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar Mukhamad Misbakhun. Foto: arsip JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com - Kondisi dan situasi dunia sedang dalam ketidakpastian. Konflik bersenjata Rusia Vs Ukraina yang dimulai pada 24 Februari 2022 telah berefek pada perekonomian dunia.

Situasi akibat perang di Ukraina yang diikuti sanksi ekonomi dan embargo terhadap Rusia memberikan dampak atas pasokan pangan dan energi dunia. Kondisi itu langsung berimbas pada kenaikan harga yang menyebabkan inflasi melonjak.

Pergerakan risiko dan efek dari konflik Rusia dengan Ukraina memang bersifat sangat individual bagi masing-masing negara. Namun, golongan ‘advanced country’ seperti Amerika Serikat (AS), Inggris, Jerman, Inggris, Kanada, Prancis, Itali, dan beberapa negara maju mengalami cost push inflation dengan inflasi yang sangat tinggi pada perekonomian mereka.

Kondisi itu menggerus daya beli konsumen, padahal gaji di pasar tenaga kerja belum mengalami kenaikan. Akibatnya, inflasi memukul kinerja ekonomi ‘developed countries’ karena pada saat sama bank sentral masing-masing negara maju tersebut menaikkan tingkat bunga acuan, sedangkan surat utang negara juga mengalami kenaikan.

Inflasi melemahkan kinerja ekonomi makro advanced country secara sangat signifikan. Sebagai contoh ialah Itali yang harus mengeluarkan surat utang dengan tingkat bunga pada kisaran 3-4 persen. Tingkat bunga itu sangat tinggi untuk ukuran advanced country di Eropa Barat.

Di AS, inflasi sudah melewati level 9 persen, sebuah angka yang belum pernah terjadi sejak Perang Dunia II. Pertumbuhan ekonomi AS yang sempat di kisaran 3 persen, sekarang kembali ke posisi nol koma sekian.

Indonesia pun tak luput dari efek itu. Namun, sejauh ini situasi ekonomi makro kita masih terkendali.

Terdapat bauran kebijakan moneter dan kebijakan fiskal yang terkoordinasi sebagai respons antisipatif atas situasi ekonomi global yang sedang berlangsung. Tentu saja antisipasi dan respons yang sedang dijalankan atas situasi itu telah memperhitungkan berbagai risiko.

Mukhammad Misbakhun mengulas efek perang Rusia vs Ukraina dan daya tahan ekonomi Indonesia. Dia memuji langkah BI menjaga ekonomi Indonesia dari efek perang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close