Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sri Mulyani Merasakan Tanda Kuat Pelemahan Ekonomi Global

Jumat, 29 Juli 2022 – 13:23 WIB
Sri Mulyani Merasakan Tanda Kuat Pelemahan Ekonomi Global - JPNN.COM
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengakui bahwa ada tanda kuat dari pelemahan ekonomi global. Foto/Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengakui bahwa ada tanda kuat dari pelemahan ekonomi global.

Menurutnya, salah satu tanda pelemahan ekonomi global adalah inflasi yang tinggi di Amerika Serikat (AS).

“Kalau seandainya kenaikan suku bunga dan likuiditas cukup kencang, maka pelemahan ekonomi global pasti terjadi,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam Puncak Dies Natalis 7 PKN STAN di Jakarta, Jumat.

Sri Mulyani menilai berbagai negara akan mengeluarkan langkah-langkah seperti mengetatkan likuiditas dan menaikkan suku bunga sebagai respons kebijakan terhadap inflasi tinggi di AS.

Langkah mengetatkan likuiditas dan menaikkan suku bunga tersebut pun akan menyebabkan arus modal keluar sehingga pelemahan ekonomi global pasti terjadi.

Amerika Serikat mengalami inflasi mencapai 9,1 persen yang merupakan tertinggi sepanjang 40 tahun terakhir akibat adanya krisis pangan dan energi.

Sri Mulyani menyebut krisis pangan dan energi terjadi seiring adanya perang antara Rusia-Ukraina yang merupakan produsen terbesar di dunia dari dua komoditas itu.

"Terlebih, AS resmi masuk ke jurang resesi setelah dua kuartal berturut-turut ekonominya terkontraksi yaitu minus 1,6 persen (yoy) pada kuartal I dan 0,9 persen (yoy) pada kuartal II-2022," ungkapnya.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengakui bahwa ada tanda kuat dari pelemahan ekonomi global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close