Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

LaNyalla Ungkap 3 Keuntungan Adanya Anggota DPR Bukan dari Parpol

Kamis, 15 Juni 2023 – 19:28 WIB
LaNyalla Ungkap 3 Keuntungan Adanya Anggota DPR Bukan dari Parpol - JPNN.COM
LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Tim DPD

jpnn.com - SURABAYA - Anggota DPR dari unsur perseorangan yang dipilih melalui pemilu lebih bebas bergerak untuk kemajuan rakyat, ketimbang wakil rakyat yang dipagari ideologi partai politik.

Hal itu yang diungkapkan oleh Radian Salman dari Universitas Airlangga, yang menjadi salah satu pembicara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema 'Perlunya Peserta Pemilu Perseorangan di DPR RI', di Universitas Airlangga, Surabaya, Kamis (15/6).

Radian mengatakan, unsur perseorangan di DPR saat ini menjadi tren internasional. Karena unsur perseorangan juga lebih bebas memperjuangkan aspirasi dan bisa melahirkan pemikiran bangsa yang cerdas, penuh inovasi, serta banyak melahirkan terobosan pemikiran untuk membangun bangsa.

"Yang terpenting adalah basis konseptual dan representasi adalah siapa mewakili siapa atau mewakili apa di unsur perseorangan. Ini teori yang harus dijelaskan. Dan ini adalah keunggulan dari perwakilan perseorangan. Nantinya desentralisasi harus dijaga dan ditegaskan jika ada unsur perseorangan. Hal ini juga sudah banyak dilakukan di dunia internasional, salah satunya adalah Afrika Selatan, yang April kemarin baru disahkan regulasi tentang anggota DPR perseorangan," ujar Radian.

LaNyalla Ungkap 3 Keuntungan Adanya Anggota DPR Bukan dari ParpolFoto: Tim DPD

Hal senada diungkapkan narasumber lainnya, yakni Ghunarsa Sujatnika. Pria yang juga dosen studi Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Indonesia itu mengaku setuju dengan gagasan adanya unsur perseorangan di DPR RI.

"Ini gagasan yang menarik yang ditawarkan Ketua DPD RI. Karena sekarang yang ada di DPR itu bukan wakil rakyat, tetapi wakil partai politik. Kita makin jauh dari cita-cita bangsa, kondisi sekarang itu partai politik sangat mudah dikuasai oligarki. Sekarang sudah terang-terangan kalau semua anggota dewan itu keputusannya tergantung dari bagaimana ketua umum partainya," ujarnya.

Dalam berbagai kesempatan, Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti selalu mendorong agar bangsa ini membangun konsensus nasional kembali kepada UUD 1945 naskah asli.

LaNyalla meyakini keputusan yang diambil oleh DPR RI nantinya tak hanya dikendalikan oleh ketua umum partai politik saja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close