Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lebaran Dua Tahun Lalu Ibu dan Kakaknya Menjemput di Bandara, Kini Andrian Hanya Bisa Mengunjungi Makam Mereka

Minggu, 08 Mei 2022 – 23:59 WIB
Lebaran Dua Tahun Lalu Ibu dan Kakaknya Menjemput di Bandara, Kini Andrian Hanya Bisa Mengunjungi Makam Mereka - JPNN.COM
Andrian Wiguna (tengah) bersama istrinya Ade Suwando dan anak mereka Aristo mengunjungi makam ibunya yang meninggal bulan November lalu. (Supplied)

Hari Raya Idul Fitri bagi umat Muslim di seluruh dunia adalah perayaan kemenangan setelah berhasil melewati Ramadan dan berkumpul dengan keluarga besar.

Bagi mereka yang tinggal di Australia, ini adalah kali pertama mereka bisa kembali ke Indonesia sejak pandemi COVID-19.

Salah seorang di antara warga asal Australia tersebut Andrian Wiguna, yang minggu lalu terbang dari ibu kota negara bagian Australia Selatan, Adelaide, ke Jakarta lewat Singapura.

Perjalanan pulang kali ini bersama istrinya Ade Suwando dan putra mereka Aristo terasa berbeda dengan perjalanan pulang terakhir kali Andrian di tahun 2019.

"Ketika itu di bandara yang menjemput adalah kakak laki-laki saya, istrinya, dan ibu saya," kata Andrian kepada ABC.

Namun ketiga orang tersayangnya tersebut telah meninggal dunia pada tahun 2021, hanya berselang sekitar tiga bulan.

Kakak laki-lakinya meninggal karena COVID di bulan Juli, kakak ipar perempuannya meninggal karena kanker di bulan November dan dua minggu kemudian ibu Andrian juga berpulang karena COVID.

Dia tidak bisa mengunjungi pemakaman mereka karena saat itu Australia menutup perbatasan perjalanan internasional selama delapan belas bulan karena pandemi.

Sebelum pandemi, Andrian Wiguna selalu berusaha pulang ke Indonesia untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga besarnya

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News


BERITA LAINNYA