Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lestarikan Budaya Nusantara, Nara Kupu Jogja Akan Gelar Pertunjukan Wayang Potehi

Sabtu, 22 Juli 2023 – 16:01 WIB
Lestarikan Budaya Nusantara, Nara Kupu Jogja Akan Gelar Pertunjukan Wayang Potehi - JPNN.COM
Nara Kupu Jogja (NKJ) akan menggelar pertunjukan seni tradisional memainkan boneka tangan atau yang dikenal sebagai Wayang Potehi pada Jumat dan Sabtu, 28-29 Juli 2023 mendatang. Foto: dokumentasi Nara Kupu Jogja

jpnn.com, YOGYAKARTA - Nara Kupu Jogja (NKJ) akan menggelar pertunjukan seni tradisional memainkan boneka tangan atau yang dikenal sebagai Wayang Potehi pada Jumat dan Sabtu, 28-29 Juli 2023 mendatang.

Pertunjukan tersebut digelar di Kawasan Eduwisata Nara Kupu Jogja, Pandanpuro, Hargobinangun, Sleman, DI Yogyakarta.

Marketing Manager Nara Kupu Jogja Shelli Moniaga mengatakan pagelaran Wayang Potehi tersebut perdana digelar di Nara Kupu Jogja dengan menggandeng sanggar Wayang Potehi Rumah Cinwa asal Depok, Jawa Barat.

"Kami jamin akan membuat penonton terpesona," ujar Shelli dalam keterangan resminya, Sabtu (22/7).

Menurut dia, pertunjukan menakjubkan yang memadukan Pou (kain) Te (Kantong) dan Hi (wayang) atau yang disebut Potehi ini akan memikat pengunjung dengan rangkaian cerita menarik gabungan budaya China dan Jawa.

Wayang Potehi sendiri mulanya merupakan kesenian tradisional asal Tiongkok menjadi bagian yang tak terpisahkan dari bangsa Indonesia.

Kesenian ini dibawa oleh perantau etnis Tionghoa ke berbagai wilayah Nusantara pada masa lampau dan telah menjadi salah satu jenis kesenian tradisional Indonesia.

Pertunjukan seni tradisional Wayang Potehi ini, lanjut Shelli, sudah sangat dihormati dan digemari bahkan oleh negara lain karena mengandung nilai-nilai budaya luhur serta memiliki alur cerita yang menarik.

Nara Kupu Jogja (NKJ) akan menggelar pertunjukan seni tradisional memainkan boneka tangan atau yang dikenal sebagai Wayang Potehi pada 28-29 Juli 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close