Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lewat Presidensi G20, Jokowi Buktikan Kepercayaan Dunia Terhadap Indonesia

Kamis, 28 Juli 2022 – 21:21 WIB
Lewat Presidensi G20, Jokowi Buktikan Kepercayaan Dunia Terhadap Indonesia - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana bertolak ke Tokyo, Jepang, Selasa (26/7). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Rektor Universitas Udayana (Unud), Prof. Ngakan Putu Gede Suardana menilai Presidensi G20 di bawah kendali Presiden Jokowi tidak hanya terbukti meningkatnya kepercayaan dunia terhadap Indonesia, namun juga bakal berimbas positif terhadap negara-negara berkembang lainnya.

Peran aktif Presiden Jokowi di dunia internasional hingga terpilih menjadi Presidensi G20 merupakan momentum pembuktian bahwa dengan status negara berkembang, Indonesia mampu menjadi poros penentu kebijakan-kebijakan.

"Ini sangat luar biasa jurus beliau, tidak saja hanya untuk negara-negara G20, 19 negara dan satu kawasan, tetapi untuk seluruh negara-negara," kata Prof. Ngakan Putu Gede Suardana.

Sebagai pemegang kendali Presidensi G20, Jokowi senantiasa menempatkan diri sebagai pihak yang netral dan lebih mengedepankan solusi perdamaian dalam setiap polemik yang terjadi, termasuk konflik antara Rusia dan Ukraina.

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali pada November 2022, Jokowi turut mengundang kedua negara tersebut. Hal itu disampaikannya saat bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Saat ini, Jokowi sedang melakukan kunjungan ke negara-negara Asia Timur seperti RRT, Jepang, dan Korea. Hal itu membuktikan makin strategisnya peran Indonesia di dunia internasional sebagai Presidensi G20.

"Pak Jokowi bisa menunjukkan kredibilitas Indonesia bahwa Indonesia mampu untuk memimpin Presidensi G20," jelas Ngakan Putu.(chi/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Peran aktif Presiden Jokowi di dunia internasional hingga terpilih menjadi Presidensi G20 merupakan momentum pembuktian.

Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close